FITK Online – Pada 1 Juni 2018 mendatang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta genap berusia 61. Sebagai fakultas tertua dan terdepan di UIN Jakarta, FITK harus terlebih dahulu dan terdepan dalam menyambut milad UIN Jakarta yang berbarengan dengan milad FITK.

Demikian disampaikan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum (Wadek II) FITK Dr Ahmad Sofyan MPd dalam sambutannya pada opening cheremony Tarbiyah Expo, Selasa (17/4/2018) di Lapangan Parkir Lobby Barat Gedung FITK.

“Dari sejak Maret sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan, seperti penguatan kapasitas pengurus Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (Omik) dan partisipasi FITK dalam UIN Education Expo yang menghadirkan siswa sekolah menengah,” ujar Sofyan.

Dalam Tarbiyah Expo ini, lanjutnya, talenta sivitas akademik, baik mahasiswa, dosen, dan pegawai diharapkan dapat meningkat. Di samping itu, dengan tema Ekasasti Tarbiyah in Diversity ini diupayakan dapat hilangnya sekat di antara mereka, termasuk pimpinan.

“Sivitas akademik FITK difasilitasi untuk berkompetisi secara sehat dan objektif. Ada penguatan nilai rasa dan emosional, sehingga dapat mendekatkan dosen, pegawai, pimpinan, dan mahasiswa,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Farhan Kurniawan menyampaikan, Milad FITK ini sebagai pembuktian adanya kebersamaan dalam keragaman.

“Emosional sivitas akademik dapat terbentuk, sehingga tidak ada jarak. Semoga semua itu dapat terwujud,” ujar Farhan.

Menurutnya, satu langkah menuju kebersamaan dapat diciptakan melalui ajang perlombaan dalam suasana ukhuwah dan silaturahmi.

Fastabiqul khoirot, jadikan lelah karena lillah,” tegas mahasiswa semester enam Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini bersemangat.

Usai acara tersebut, Wadek II berkesempatan melepas 61 balon. Acara dilanjutkan dengan lomba orasi pendidikan, lomba karaoke, dan Tarbiyah Idol untuk mahasiswa.

Pada hari selanjutnya berturut-turut dari 18-30 April digelar lomba Ranking 1, Mading dan Poster (18/4/2018), lomba tradisional Tarik Tambang, Balap Bakyak, dan Makan Krupuk (20/4/18), ajang Putri Kartini, Duta Tarbiyah, dan Musikalisasi Puisi (25/4/2018), kompetisi tenis meja (27/4/2018), futsal dan bulutangkis, Syiar Tarbiyah, serta Musabaqah Tilawatil Quran (30/4/2018).

Sedangkan untuk Closing Cheremony akan digelar bersamaan dengan Seminar Internasional di Auditorium Harun Nasution pada 8 Mei 2018. (mf)