KEUTAMAAN MEMPERBANYAK BERZIKIR

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Zikir adalah salah satu perbuatan yang disukai Allah yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya. Di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa “Zikir dapat membuat hati menjadi tenang, tenteram, dan damai.” “Ingatlah Aku, kata Allah, agar Aku mengingat kalian.”

Di dalam hadis Rasulullah banyak digambarkan tentang keutamaan berzikir ini. Di antaranya adalah hadis yang menyatakan: “Jika kalian meningat Aku pada waktu senang, Aku akan mengingat kalian di waktu susah (sempit).

Ada lagi sebuah hadis lain yang menerangkan tentang keutamaan berzikir itu, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh A’isyah, isteri Rasulullah saw. Hadis itu berbunyi sebagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «إِنَّ فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثَ مِائَةٍ وَسِتِّينَ مَفْصِلًا، فَمَنْ كَبَّرَ اللَّهَ، وَحَمِدَ اللَّهَ، وَهَلَّلَ اللَّهَ، عَدَدَهَا فِي يَوْمٍ، أَمْسَى وَقَدْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ»

Dari A’isyah r.a., dari Rasulullah saw, beliau berkata: “Di dalam diri manusia terdapat 360 persendian tulang. Lalu barangsiapa yang bertakbir (mengucapkan Allahu Akbar), bertahmid (mengucapkan alhamdulillah), dan bertahlil (mengucapkan La Ilaaha Illaa Allaah), yang jumlahnya sama dengan jumlah persendian itu dalam sehari hingga sore, maka dia dijauhkan dari siksaan api nereka.”

Oleh sebab itu, maka bacalah takbir sebanyak 360 kali sehari, tahmid 360 kali sehari, dan tahlil 360 kali sehari. Tidak susah bagi Anda untuk menucapkan kalimat-kalimat itu sebanyak itu. Tiga kalimat itu akan ditempatkan oleh Allah di setiap persendian Anda. Persendian-persendian dari seluruh badan Anda tidak akan pernah disentuh sedikitpun oleh api neraka. Anda kelak akan dijauhkan oleh Allah dari siksaan api neraka itu.

Marilah kita mulia sekarang dengan memperbanyak membaca takbir, tahmid dan tahlil setiap hari. Semoga kita dijauhkan oleh kelak di hari kemudian dari siksaan api neraka. Âmîn. Wallâhu aʻlam bi al-shawâb. Jakarta-Matraman, Selasa pagi, tanggal 2 Mei 2017