SEDEKAHMU TIDAK AKAN MENGURANGI NILAI HARTAMU

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Sedekah adalah sebuah perbuatan baik yang sangat disukai Allah. Sedekah itu adalah pemberian sesuatu yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain, baik dalam bentuk materi maupun dalam bentuk non-materi. Yang menjadi inti dalam sedekah itu adalah memberi atau berbagi. Seberapa pun nilai yang Anda berikan, sudah mengandung nilai sedekah.

Kalau Anda berbagi atau memberi uang lima ribu rupiah kepada orang lain, itu adalah sedekah. Kalau Anda memberi 10 ribu rupiah kepada orang, Anda sudah bersedekah. Berapa pun jumlah uang yang Anda berikan, sedikit, banyak, dan sangat banyak, maka itu adalah sedekah.

Senyuman yang Anda berikan kepada teman Anda, sahabat Anda, dan kawan-kawan Anda adalah sedekah. Bantuan yang Anda berikan kepada orang lain adalah sedekah. Nasihat yang Anda berikan kepada orang lain adalah sedekah. Doa yang Anda mohonkan untuk orang lain adalah sedekah. Memberi salam kepada orang yang Anda temua adalah sedekah.

Pendeknya, apa pun yang Anda berikan kepada orang lain, baik berupa materi maupun non-materi adalah sedekah. Karena, lapangan dan wilayah sedekah itu begitu lengkap, kompleks dan sempurna. Asalkan Anda memberi, Anda sudah bersedekah.

Harta Anda yang Anda sedekahkan kepada orang lain tidak akan pernah membuat harta yang Anda miliki berkurang. Tidak akan pernah berkurang, kata Rasulullah. Kelihatannya, apa yang Anda berikan atau keluarkan dari harta yang Anda miliki berkurang dari jumlahnya, tetapi sebenarnya nilai yang diberikan Allah dan keberkahan yang ada di dalam harta itu bertambah.

Jangan pernah ragu untuk bersedekah. Jangan pernah terlintas di dalam pikiran Anda bahwa apa yang Anda keluarkan dari harta Anda itu akan berkurang. Sama sekali tidak. Allah telah menjanjikannya. Ketahuilah bahwa harta yang Anda miliki itu adalah pemberian Allah kepada Anda, yang tidak ternilai harganya, dan tidak terhitung jumlahnya.

Kalau Allah sebagai pemberi rezeki menyatakan melalui Rasul-Nya Muhammad telah menyatakan bahwa apa yang engkau keluarkan dari sedekahmu itu tidak akan membuat hartamu berkurang, maka yakinlah, maka hartamu tidak akan berkurang. Allah dapat menambahkannya dengan diberinya kemudahan untuk memperoleh harta itu, atau diberikan berbagai jalan untuk memperolehnya.

Allah telah menjanjikan bahwa siapa yang suka memberi, akan diberi. Siapa yang suka bersedekah, akan ditambahkan. Siapa yang suka membantu akan selalu dibantu. Siapa yang suka menolong akan selalu ditolong.

Sebaliknya siapa yang pelit kepada hamba Allah, maka Allah akan pelit juga terhadap dirinya. Siapa yang enggan memberi, Allah juga tidak akan memberi. Siapa yang mempersulit akan dipersulit pula oleh Allah. Siapa yang suka menahan bersedekah, maka Allah juga menahan untuk memberi.

Karena bersedekahlah semampumu sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirimu. Apa yang ada pada dirimu jauh lebih sedikit dari apa yang ada di sisi Allah. Engkau memberi sedikit, akan diberi yang banyak oleh Allah. Kalau engkau memberi yang banyak kepada saudaramu, jika engkau mampu, maka Allah akan memberi yang lebih banyak lagi dari itu.

Indahnya ajaran memberi, bersedekah, dan berbagi. Sayangnya, hanya sebahagian orang yang mau memberi, padahal kemampuan yang ada pada dirinya luar biasa banyaknya. Wallaahu a”lam bi al-shawaaam

Semoga uraian ini ada manfaatnya dan kita mampu melaksanakan perintah untuk bersdekah, berbagai, dan memberi. Aamiin. Jakarta-Matraman, Senen pagi, tanggal 22 Mei 2017.