DOA YANG PALING DIDENGAR OLEH ALLAH

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Doa adalah salah satu ibadah yang disukai Allah. Sebab, doa adalah sikap seseorang yang menunjukkan kelemahannya kepada Allah. Orang yang selalu berdoa adalah orang yang selalu merasa dirinya lemah. Tidak manusia yang kuat, Kecuali kekuatan itu diberikan Allah. Orang yang tidak berdoa adalah orang yang menunjukkan kesombongannya di hadapan Allah. Oleh sebab itu, berdoalah dan bermohon dan berdoalah kepada Allah.

Orang yang berdoa pasti menginginkan doanya dikabulkan oleh Allah. Pilihlah tempat atau waktu di mana doa sangat didengar oleh Allah. Dengan begitu, doa yang dimohonkannya dikabulkan oleh Allah swt. Rasulullah pernah menggambarkan bahwa ada dua tempat di mana doa seseorang sangat didengar oleh Allah, dan doanya dikabulkan, sebagai berkut

عن أبي أمامة، قال: قيل يا رسول الله: (أي الدعاء أسمع؟ قال: «جوف الليل الآخر، ودبر الصلوات المكتوبات».

Dari Abu Umamah, dia berkata: Rasulullah pernah ditanya oleh seseorang, “Doa apa yang paling didengar oleh Allah?” Beliau menjawab: “Doa yang paling didengar oleh Allah adalah doa yang dilakukan di waktu tengah malam dan doa yang dilakukan usai melaksanakan shalat fardu.” HR. Abu Dawud.

Doa di tengah malam mungkin cukup berat untuk dilakukan karena Anda harus bangun malam untuk shalat dan berdoa. Wajar saja kalau doa itu sangat didengar oleh Allah. Dalam sebuah hadis yang lain Rasulullah menyatakan bahwa setiap tengah malam Allah turun ke langit dunia untuk menyaksikan dan mendengarkan doa-doa yang diucapkan dan dimohonkan oleh hamba-hamba-Nya.

Tetapi doa usai melaksanakan salat fardu adalah doa yang paling mudah dilakukan. Tidak sulit bagi kita untuk berdoa sesudah melakukan salat fardu itu. Tinggal kita mau atau tidak. Banyak orang yang habis melakukukan salat fardu, cepat-cepat meninggalkan tempat shalatnya tanpa satu doa pun yang dibaca. Sayang sekali kalau itu terjadi pada kita. Doa kita usai salat itu sangat didengar oleh Allah. Berdoalah walau satu doa untuk permohonan ampun untuk kedua orang tuamu, untuk memohon rezeki dan rahmat Allah.

Semoga kita mau melakukannya demi doa yang dikabulkan Allah swt. Semoga doa-doa kita didengar dan diterima Allah. Aamiin. Ditulis dalam perjalanan dari Jakarta menunju Majalengka, Kamis pagi, tanggal 15 Juni 2017.