TIGA PESAN RASULULLAH

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Abu Hurairah adalah salah seorang sahabat terdekat Rasulullah, dan telah banyak menyampaikan hadis Rasulullah kepada para sahabat yang lain. Suatu saat Abu Hurairah mendapatkan pesan untuk dilakukan, sebagai yang terdapat di dalam hadis riwayat Bukhari sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلاَثٍ: «صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَرَكْعَتَيِ الضُّحَى، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ»

Dari Abu Hurairah, dia berkata” Rasulullah telah berpesan kepadaku untuk melakukan tiga amal, yaitu 1) berpuasa tiga hari setiap bulan, 2) melaksanakan salat duha dua rakaat, dan 3) melaksanakan salat witir sebelum tidur.” HR Bukhari.

Jarang kita mendengar pesan Rasulullah di atas, yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan. Yang banyak kita tahu dan banyak lakukan selama ini adalah berpuasa sunat seperti puasa yang dilakukan Nabi Dawud a.s. yaitu sehari puasa dan sehari tidak puasa atau berpuasa pada hari Senen dan Kamis setiap minggu. Jika seseorang telah melakukan puasa Dawud atau puasa pada hari Senen dan Kamis, berarti dia telah melakukan pesan Rasulullah itu.

Salat duha sudah umum kita tahu dan kita melakukannya. Salat duha menjadi penting karena salat itu dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan hari. Kita sambut kedatangan hari dengan harapan dan doa, dengan mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan salat duha. Itulah sebabnya, maka doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk dibaca setelah melakukan salat duha itu, berkaitan dengan soal rezeki.

Salat Subuh dan salat Zuhur terlalu jauh antaranya untuk melakukan zikir dan mendekatkan diri kepada Allah. Salat duha adalah salah satu sarana yang dipersiapkan untuk mendekatkan diri kepada Allah, di celah-celah waktu kedua salat itu.

Pesan Rasulullah yang terakhir untuk melakukan salat witir sebelum tidur jarang kita dengar. Yang biasanya kita dengar dan kita lakukan adalah salat witir yang dilakukan tengah malam sebagai penutup salat sunnat, atau dilakukan usai melaksanakan salat Taraawih. Pesan Rasulullah ini menjadi penting agar sebelum tidur kita harus mengingat Allah dan mengingat nikmat-Nya.

Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Berbahagialah mereka yang mampu melaksanakan tiga pesan Rasulullah itu. Semoga kita juga mampu melakukannya sesuai dengan kemampuan kita. Aamiin. Jakarta-Matraman, Rabu subuh, tanggal 12 Juli 2017.