RANGKUMAN IHRAM HAJI DAN UMRAH (2)

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Kali ini saya uraikan mengenai tempat dan waktu ihram bagi mereka yang berada di dalam kota Makkah. Harus diketahui bahwa orang yang yang sudah berada di Makkah itu terdiri atas dua kelompok, yaitu orang-orang (penduduk) Mekkah sendiri, dan orang-orang yang non penduduk Mekkah, seperti mereka yang datang haji dan umrah.

Baik penduduk Makkah sendiri maupun bagi mereka yang tinggal sementara di Makkah, maka mereka melakukan ihram dengan cara sebagai berikut.

Pada saat mereka akan melaksanakan haji, maka tempat bagi mereka melakukan ihram adalah di Mekkah, yaitu di tempat tinggal mereka sendiri atau di hotel atau penginapan mereka tinggal.

1. Ihram Untuk Haji
Ihram untuk haji dilakukan oleh jamaah di Makkah, yaitu di tempat tinggal mereka atau hitel temlat mereka tinggal. Dia mandi di situ, dia berpakaian ihram di situ, dia melaksanakan salat sunnat di situ, dan dia berniat untuk haji di situ. Ini berarati bahwa tempat bagi jamaah untuk miqat adalah Makkah. Selasai berihram, mereka lalu menuju Arafah untuk wukuf.

2. Ihram untuk Umrah
Ihram untuk umrah dilakukan oleh jamaah di Masjid Tan’im, sebuah tempat yang kira-kira 5 km dari kota Makkah. Caranya ialah ketika di hotel atau tempat mereka tinggal, mereka mandi, lalu berpakaian ihram. Setelah itu, mereka menuju Majid Ta’im. Di Masjid ini dia melaksanakan salat sunnat ihram, lalu mereka berniat untuk melakukan umrah. Setelah itu, mereka kembali ke Masjidil Haram untuk melakukan umrah hingga selesai.

Dari sini dapat dikatakan bahwa ihram untuk haji bagi penduduk asli Makkah, dan orang-orang yang datang di Makkah, dapat dilakukan di Makkah, yaitu di kediaman mereka atau di hotel tempat mereka tinggal. Sedangkan untuk ihram umrah, dapat dilakukan mereka di Masjid Tan’im.

Demikian dulu untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Jakarta-Matraman, Rabu pagi, tanggal 23 Agustus 2017.