MULAILAH KEBAHAGIAAN ANDA DENGAN MENJAGA HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN DIRI ANDA SENDIRI

Ahmad Thib Raya |
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

Ungkapan “Mulailah Kebahagiaan Anda Dengan Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Diri Anda Sendiri” di atas sangat menarik diucapkan, sangat enak untuk didengar dan diperdengarkan, sangat mudah untuk disampaikan, tetapi sangat berat untuk dilakukan.

Ketahuilah bahwa badan Anda secara keseluruhan, baik jasmani maupun rohani, mulai rambut Anda, hingga ujung jari kaki Anda, mulai dari kulit Anda hingga jantung/hati Anda, adalah anugerah Allah yang luar biasa. Badan merupakan nikmat Allah yang tidak terkira nilainya, dan harganya tidak terbayarkan dengan apa pun, walau memiliki harta kekayaan sebanyak dunia dan isinya.

Menjaga hubungan Anda dengan diri Anda sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Setiap bisa melakukannya sesuai dengan kondisi dan keadaannya. Keseluruhan badan Anda membutuhkan sesuatu keberlanjutannya, untuk kelestariannya, untuk kesehatannya. Kata kunci yang bisa diberikan dalam menjaga hubungan Anda dengan diri Anda hanya dua, yaitu: “PENUHILAH SELURUH HAK BADAN ANDA, DAN JAGALAH BADAN ANDA DARI SELURUH GANGGUAN YANG MENGANGGUNYA.”

Badan Anda, yang terdiri atas jasmani dan rohani itu memiliki hak yang banyak. Di antara beberapa hak badan Anda sebagai berikut. Ketika Anda merasa lapar, maka makanlah. Ketika Anda merasa haus, maka minumlah. Ketika Anda negntuk, maka tidurlah. Ketika Anda merasa lelah, istirahatlah. Jika Anda melakukan hal demikian, maka Anda sudah memnuhi hak badan Anda.

Ketika Anda lapar, lalu Anda tidak makan, pada hal ada sesuatu yang dapat dimakan, maka Anda tidak memenuhi hak badan Anda. Ketika Anda merasa haus, lalu Anda tidak minum, padahal ada yang dapat diminum, Anda telah zalim terhadap badan Anda. Ketika Anda tidak memenuhi kebutuhan hak-hak badan Anda, tidak tidur, padahal sudah ngantuk, tidur istirahat, padahal sudah lelah, dan lain-lainnya, maka Anda sudah zalim terhadap diri Anda. Ini berarti Anda tidak menjaga hubungan baik dengan badan Anda.

Dalam hal makan dan minum pun ada aturannya. Makanlah dan minumlah yang baik dan halal. Jangan yang tidak baik bagi badan Anda, dan jangan pula memakan yang haram. Makan pun ada kadarnya. Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan badan Anda jangan berlebihan.

Sebab, kalau Anda makan berlebihan, perut Anda akan sakit, dan Anda pun tidak dapat bernafas dengan baik. Karena itu, Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memakan yang baik dan halal. Rasul pun menuntun umatnya agar makan sesuai kadarnya. Islah perutmu dengan nasi sepertiganya, isilah dengan minum sepertiganya, dan kosongkan sepertiganya untuk udara.

Kebahagian Anda datang pada saat Anda menjaga hubungan yang baik dengan diri Anda. Orang yang selalu menjaga hubungannya dengan badannya selalu menjaga dirinyandan mengupayakannya agar dia selalu sehat. Sehat membuat seseorang bahagia.

Badan Anda memiliki kemampuan yang tebatas dalam banyak hal. Badan Anda terbatas dalam bekerja. Jika Anda bekerja lebih darioada kemampuannya, maka pastilah Anda merasa letih, lelah, dan capek. Letih, lelah, dan capek itulah adalah sinyal (tanda) yang diberikan oleh badan. Jangan keadaan demikian, jangan Anda paksanakn diri Anda untuk bekerja lagi. Saat yang sangat tidak enak, jika badan Anda terasa letih. Karena it, istirahatlah pada saat Anda merasa letih. Istirahat yang Anda berikan kepadanmu itu adalah wujud dari upaya menjaga hubungan yang baik antara Anda dengan badan Anda.

Allah telah menjadikan malam dan siang untuk manusia, bukan untuk yang lain. Malam dan siang silih berganti. Ketika malam datang, siang pergi. Ketika siang datang, malam pun pergi. Kata Allah, “Kami jadikan siang untuk mencari kehidupan, dan malam untuk beristirahat. Manfaatkanlah sarana yang diberikan Allah itu sebaik-baiknya. Gunakanlah siang untuk mencari kehidupanmu, dan jadikanlah malam untuk istirahatmu. Dengan begitu, engkau menjaga hubungan yang baik antara dirimu dengan badannya.

Jika Anda bekerja terus tanpa istirahat, maka sebenarnya Anda sudah berbuat zalim terhadap badanmu, engkau telah menyakiti badanmu, dan engkau merusak hubungan yang baik dengan badanmu. Demikian pula, jika engkau tidak memberikan istirahat kepada badanmu pada malam hari, maka engkau telah berbuat zalim terhadap badanmu.

Menurut para ahli kesehatan, bahwa badan manusia selalu memberikan sinyal kepada pemiliknya tentang hal-hal yang dialami oleh badan manusia. Ketika badan terasa sehat, maka pemiliknya pun merasa segar, dan fresh. Jika badan terasa tidak sehat, maka badan terasa tidak enak. Setiap orang harus mampu memahami sinyal-sinyal badan itu, agar dia dapat segera merespon apa yang dialami dan ditunjukkan oleh badan.

Jagalah hubunganmu dengan badanmu dengan baik, penuhilah semua hak badanmu, pahamilah sinyal bacanmu agar engkau senantiasa sehat. Dengan badanmu yang sehat, engkau akan bahagia. Sehat selamhya, bahagia selamanya.

Menjaga hubungan yang baik dengan diri Anda tidak hanya memenuhi apa yang dibutuhkan oleh badan Anda, tetapi juga Anda harus menjaga diri Anda dan mengamankannya dari hal-hal yang membahayakannya. Anda tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat megganggu keamanan dan kesehatan badan Anda, dan harus menghindarinya.

Jika Anda merasakan panas yang melebihi kebutuhan badan Anda, maka Anda harus menjauhi tempat itu, agar badan Anda tidak berbahaya dengan panas itu. Jika Anda merasa dingin yang berlebihan lebih dari yang dibutuhkan badan Anda, Anda harus segera menjnggalkan tempat itu dan menjauhinya agar badan Anda tidak terganggu dengan rasa dingin itu.

Jika Badan Anda tidak cocok dengan minuman yang dingin, atau makanan yang dingin, maka Anda harus menjauhi atau meninggalkannya. Sebab, kalau Anda meminumnya, maka badan Anda akan terganggu. Jika makanan yang pedas tidak cocok buat perut Anda, maka makanan seperti itu harus dijauhi dan dihindari. Sebab, jika Anda melakukan hal demikian, maka perut Anda akan sakit, dan itu berarti bahwa Anda tidak menjaga hubungan yang baik dengan badan Anda. Anda telah merusak hubungan yang baik dengan badan Anda.

Kalau Anda sakit, jangan membiarkan badan Anda sakit. Jika membiarkan diri Anda sakit, maka Anda berada dalam suasana tidak bahagia. Anda harus mengobatinya, dan Anda harus berupaya untuk kesembuhan penyakit itu. Jika membiarkan sakit itu tanpa pengobatan, maka Anda telah membiarkan diri Anda dalam ketidakbahagiaan. Obatilah sakit Anda agar Anda sembuh. Setiap penyakit ada obatnya, kecuali mati, kata Baginda Rasulullah.

Pendeknya, Anda harus menjaga kondisi badan Anda agar Anda senantiasa dalam keadaan sehat. Hindarkan segala sesuatu, makanan, minuman, dan perbuatan yang dapat mengganggu kesehatan badan Anda. Jika Anda mengalami hal yang demikian, maka hindarilah dan tinggalkanlah. Jika Anda mengalami sakit, maka berobatlah untuk kesembuhan Anda. Jika Anda membiarkan diri Anda dalam kesulitan, itu pertanda bahwa Anda tidak menjaga hubungan baik Anda dengan badan Anda. Jika Anda menjaganya dari semua itu, maka Anda adalah orang yang senantiasa menjaga hubungan baik Anda dengan diri Anda. Pada saat itulah, Anda merasa bahagia karena Anda selalu dalam kesehatan dan kebaikan.

Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Semoga kita senantiasa dalam suasana baik dan bahagia. Aamiin. Jakata-Hotel Aston Simatupang Pasar Minggu, Rabu subuh, tanggal 20 September 2017.