Berita FITK Online- Rektor UIN Jakarta. Amany Lubis kukuhkan Abdul Mu’ti sebagai guru besar bidang Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta, pada Rabu (2/9/2020) di Auditorium Harun Nasution.

Dalam acara pengukuhan tersebut, Abdul Mu’ti menyampaikan orasi ilmiah dengan tema Pendidikan Agama Islam yang Pluralistis, Basis Nilai dan Arah Pembaharuan. Menurutnya, Pendidikan Agama Islam Pluralistis dikembangkan berdasarkan nilai-nilai dasar pluralisme menurut Islam serta pendekatan yang mindful, meaningful, dan joyful.

“PAI Pluralistis dapat dikembangkan untuk bisa mengakui eksistensi, menerima, dan menjadikan perbedaan faham agama sebagai bagian dan sumber pembelajaran”ujar pria 52 tahun tersebut.

Selain itu, Abdul Mu’ti  juga mengatakan bahwa menjadi Guru besar adalah awal bagi untuk belajar.  “menjadi guru besar bukan titik kulminasi, melainkan titik awal belajar, dan lebih produktif,  Saya berharap bisa berbuat lebih banyak lagi untuk memajukan pendidikan pendidikan, khususnya melalui pendidikan agama Islam,” ujarnya.

Acara pengukuhan guru besar ini, juga menayangkan video perjalanan hidup Abdul Mu’ti, serta ucapan selamat dari beberapa tokoh di Indonesia. Salah satu ucapan selamat berasal dari Wakil Presiden RI Maaruf Amin, “Selamat atas pencapaian menjadi guru besar, semoga Abdul Mu’ti meningkatkan dedikasi dalam pengembangan Ilmu Pendidikan di Indonesia”ucapnya.