Gedung FITK, BERITA FITK Online – Pada Rabu (24/05/2023), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar acara diskusi dosen seri 3 secara virtual dengan topik menarik tentang “Upaya Menurunkan Beban Kognitif Dalam Pembelajaran Biologi”. Acara yang berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 13.00 hingga 15.00, dihadiri oleh 105 peserta, termasuk dosen dan mahasiswa dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baik melalui zoom meeting maupun melalui youtube chanel DISDOSEN FITK.

Dalam diskusi kali ini, Dr. Siti Nurhasanah, M.Pd., selaku ketua tim Diskusi Dosen FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan tim menghadirkan beberapa pembicara ahli, antara lain Prof. Dr. Zulfiani, S.Si., M.Pd., sebagai pembicara kunci yang merupakan Dosen Tadris Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd., dosen Tadris Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dr. Yanti Herlanti, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, juga menjadi narasumber dan pembahas dalam diskusi tersebut. Diskusi ini dipandu oleh Solihin, M.Pd., Dosen Tadris Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan menekankan pentingnya diskusi fakultas semacam ini, dengan menekankan peran mereka dalam mendorong kolaborasi dan penelitian di antara anggota fakultas. Dalam kata penutupnya, ia berbagi pantun dengan candaan, “Ikan sepat diskon lima puluh persen, selamat atas partisipasi dalam diskusi fakultas!”

Diskusi ini melibatkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya. Prof. Dr. Zulfiani, S.Si., M.Pd., sebagai pembicara pertama, menyampaikan pengantar mengenai teori beban kognitif dalam desain instruksional. Dalam presentasinya, Prof. Zulfiani memperkenalkan Cognitif Load Theory (CLT) sebagai teori yang dapat membantu mengurangi beban kognitif dalam pembelajaran. Beliau menjelaskan bahwa setiap pembelajar memiliki keterbatasan kapasitas kognitif dalam memperoleh informasi baru, sehingga penting untuk mengurangi beban kognitif dalam pembelajaran biologi.

Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd., sebagai pembicara kedua, membahas strategi pengelolaan Beban Kognitif Intrinsik dan Ekstrinsik dalam pembelajaran biologi. Dr. Nengsih menyoroti pentingnya menyajikan materi secara bertahap, menggunakan animasi, kombinasi visual dan verbal, serta membantu siswa memperoleh prasyarat atau kemampuan awal. Selain itu, beliau juga membagikan strategi untuk mengurangi Beban Kognitif Ekstrinsik, seperti menghindari pengalihan perhatian, menghindari penyajian informasi yang terputus, dan mengakomodasi tingkat pengetahuan serta kemampuan siswa.

Diskusi ditutup dengan pemaparan materi dari Dr. Yanti Herlanti, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pembicara ketiga. Dalam paparannya, beliau mengulas kinerja otak dan peranannya dalam mengontrol beban kognitif. Dr. Yanti menjelaskan bahwa meskipun otak manusia memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada memori pada perangkat elektronik, manusia memiliki kemampuan untuk memilih informasi yang perlu disimpan. Dr. Yanti juga menyoroti pentingnya kurikulum “Merdeka Belajar” dalam menurunkan beban kognitif, serta bagaimana pengelolaan materi yang esensial dan pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif siswa.

Diskusi dosen ini memberikan wawasan yang mendalam tentang upaya menurunkan beban kognitif dalam pembelajaran biologi. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dosen-dosen FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan semakin antusias menjadi narasumber dan peserta diskusi yang dapat berkolaborasi untuk penelitian dan pengembangan pembelajaran yang lebih efektif. (Achmad Fudhaili)