DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

 أهلا وسهلا ومرحبا بزيارتكم لموقع برنامج الدكتوراه لقسم تعليم العلوم الإسلامية كلية التربية جامعة شريف هداية الله الإسلامية الحكومية جاكرتا

Selamat Datang di Website Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

BORANG PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

BORANG DOKTOR PAI 

LAMPIRAN (DOKUMEN PENDUKUNG)

Dokumen Pendukung Borang Program Doktor PAI

 DOKUMEN  LINK
Pertimbangan SenatTampilkan
Sertifikat Akreditasi MPAITampilkan
Sertifikat Akreditasi Dua Magister RelevanMPAI
MPBA
SK PendirianProdi
Fakultas
Universitas
1.1.1Keunikan atau keunggulan program studi yang diusulkan berdasarkan perbandingan program studi sejenis nasional dan/atau internasional yang mencakup aspek
(1) pengembangan keilmuan,
(2) kajian capaian pembelajaran, dan
(3) kurikulum program studi sejenis
Visi, Misi dan Tujuan UIN JakartaTampilkan
Visi Misi FITKTampilkan
StakeholderTampilkan
Renstra UIN JakartaTampilkan
Renstra Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanTampilkan
PAI FITK UIN Sunan Kalijaga YogyakartaTampilkan
PAI FITK UIN Maulana Malik Ibrahim MalangTampilkan
PAI FITK UIN Syiah Kuala Banda AcehTampilkan
2.1.2Profil lulusan (profesi, jenis pekerjaan, bentuk kerja) program studi yang diusulkan Tampilkan
3.1.3Rumusan capaian pembelajaran dari program studi yang diusulkan merujuk SN Dikti (Permendikbud No 3 Tahun 2020) dan sesuai level 8 (delapan) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Perpres Nomor 8 Tahun 2012)
Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti)Tampilkan
Perpres Nomor 8 Tahun 2012Tampilkan
4.1.4Susunan matakuliah per semester memenuhi aspek:
1. Kesesuaian mata kuliah dengan rumusan capaian pembelajaran ,
2. Urutan mata kuliah, dan
3. Beban sks per semester wajar

Tampilkan
5.1.5 & 1.6Fokus Penelitian, keterkaitan dan Ketersediaan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk 5 (lima) mata kuliah penciri program studi yang memenuhi 9 (sembilan) komponen:Tampilkan
6.2.1Jumlah, kualifikasi, dan status calon dosen tetapTampilkan
7.2.2Luaran jumlah karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap penuh waktu yang bidang keahliannya sama dengan program studi, selama 3 tahun terakhir
Inovasi pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Presepektif Islam Tentang Pendidikan Kedokteran (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Pendidikan Dalam Presepektif al-Qur'an (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Fikih Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Studi Islam Komprehensif (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Peran Strategis Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah FITK (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Islam dan Ilmu Pengetahuan (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam yang Efektif dan Menyenangkan untuk Jurnal PPs UIN Palembang (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Pendidikan Akhlak Mulia (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Ilmu Pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Artikel Otobiografi Suwito (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.)Tampilkan
Madrasah dan Prefesionalisme Guru (Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A.)Tampilkan
Pembelajaran Ushul Fiqh Berbasih Masalah (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Ushul Fiqh (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Kritik Atas Pemikiran Abdullahi Ahmed an-Naim tentang Distrorsi Syariah terhadap HAM (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Pembelajaran PAI Berbasis Masalah (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Model Integrasi Keilmuan Di Jurusan PAI (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Fikih Kontemporer (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Editor Jurnal "Barunga" (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.)Tampilkan
Dari Selatan ke Utara: Menyelami Makna Pendidikan (Muhammad Zuhdi, M.Ed., Ph.D.)Tampilkan
8.3.1.1Struktur organisasi Unit Pengelola Program Studi mencakup aspek:
a. Lima unsur unit pengelola program studi:
1) unsur penyusun kebijakan;
2) unsur pelaksana akademik;
3) unsur pengawas dan penjaminan mutu;
4) unsur penunjang akademik atau sumber belajar; dan
5) unsur pelaksana administrasi atau tata usaha; dan
b. penjelasan tata kerja dan tata hubungan
Struktur Organisasi FITKTampilkan
Struktur Organisasi UIN JakartaTampilkan
PMA No. 06 Tahun 2013 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah JakartaTampilkan
9.3.1.2Perwujudan good governance dan lima pilar tata pamong yang mampu menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, dan berhasilnya strategi yang digunakan secara:
1) Kredibel,
2) Transparan,
3) Akuntabel,
4) Bertanggung jawab, dan
5) Adil
Transparansi Bidang Akademik dan Non-Akademik:
- UIN Jakarta
- SPMB
- FITK
Tampilkan
Tampilkan
Tampilkan
10.3.2Keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal berdasarkan keberadaan 5 aspek:
1) dokumen legal pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu;
2) ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI;
3) terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP);
4) bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu (jika ada); dan
5) memiliki external benchmarking dalam peningkatan mutu (jika ada).
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2017):
- Standar Mutu SPMI UIN Jakarta
- Kebijakan Mutu SPMI UIN Jakarta
- Manual Mutu SPMI UIN Jakarta
- Implementasi SPMI UIN Jakarta

Tampilkan
Tampilkan
Tampilkan
Tampilkan
Audit Mutu Internal:
- Dokumen Audit Mutu Internal (AMI)
- Hasil Audit Mutu Internal (2017)
- Hasil Audit Mutu Internal (2018)

Tampilkan
Tampilkan
Tampilkan
Audit Mutu EksternalTampilkan
11.3.3.1Ruang Kuliah, Ruang Kerja Dosen, Ruang Kantor/Administrasi, dan PerpustakaanTampilkan
12.3.3.2Ruang belajar mandiri untuk mahasiswaTampilkan
13.3.3.3Ruang akademik khusus berupa ruang penelitian, laboratorium, studio, bengkel kerja, lahan praktik atau tempat praktik lainnya harus disediakan dengan luas ruang yang memenuhi syarat gerak dan spesifikasi aktivitas praktikum, bengkel dan studio, dan didasarkan pada efektivitas keberlangsungan proses pembelajaran untuk ketercapaian capaian pembelajaran praktikum/praktik/PPL.Tampilkan
14.3.3.4Akses ke perpustakaan di luar PT atau sumber pustaka lainnya.
Perpus NasionalTampilkan
Perpus Prov. DKI JakartaTampilkan
Perpus UITampilkan
Perpus Al-MughniTampilkan
15.3.4Jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan:
Jumlah minimal tenaga kependidikan terdiri atas 2 (dua) orang tenaga kependidikan untuk setiap program studi dan 1 (satu) orang untuk melayani perpustakaan. Kualifikasi tenaga kependidikan minimal berijazah Diploma Tiga, berusia maksimum 56 tahun, dan bekerja penuh waktu 37,5 jam/minggu
Tampilkan
Tampilkan
Tampilkan