أهلا وسهلا ومرحبا بزيارتكم لموقع برنامج الدكتوراه لقسم تعليم العلوم الإسلامية كلية التربية جامعة شريف هداية الله الإسلامية الحكومية جاكرتا
Selamat Datang di Website Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
BORANG PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BORANG DOKTOR PAI
LAMPIRAN (DOKUMEN PENDUKUNG)
Dokumen Pendukung Borang Program Doktor PAI
DOKUMEN | LINK | |||
---|---|---|---|---|
Pertimbangan Senat | Tampilkan | |||
Sertifikat Akreditasi MPAI | Tampilkan | |||
Sertifikat Akreditasi Dua Magister Relevan | MPAI MPBA |
|||
SK Pendirian | Prodi Fakultas Universitas |
|||
1. | 1.1 | Keunikan atau keunggulan program studi yang diusulkan berdasarkan perbandingan program studi sejenis nasional dan/atau internasional yang mencakup aspek (1) pengembangan keilmuan, (2) kajian capaian pembelajaran, dan (3) kurikulum program studi sejenis |
||
Visi, Misi dan Tujuan UIN Jakarta | Tampilkan | |||
Visi Misi FITK | Tampilkan | |||
Stakeholder | Tampilkan | |||
Renstra UIN Jakarta | Tampilkan | |||
Renstra Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan | Tampilkan | |||
PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Tampilkan | |||
PAI FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang | Tampilkan | |||
PAI FITK UIN Syiah Kuala Banda Aceh | Tampilkan | |||
2. | 1.2 | Profil lulusan (profesi, jenis pekerjaan, bentuk kerja) program studi yang diusulkan | Tampilkan | |
3. | 1.3 | Rumusan capaian pembelajaran dari program studi yang diusulkan merujuk SN Dikti (Permendikbud No 3 Tahun 2020) dan sesuai level 8 (delapan) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Perpres Nomor 8 Tahun 2012) | ||
Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) | Tampilkan | |||
Perpres Nomor 8 Tahun 2012 | Tampilkan | |||
4. | 1.4 | Susunan matakuliah per semester memenuhi aspek: 1. Kesesuaian mata kuliah dengan rumusan capaian pembelajaran , 2. Urutan mata kuliah, dan 3. Beban sks per semester wajar | Tampilkan |
|
5. | 1.5 & 1.6 | Fokus Penelitian, keterkaitan dan Ketersediaan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk 5 (lima) mata kuliah penciri program studi yang memenuhi 9 (sembilan) komponen: | Tampilkan | |
6. | 2.1 | Jumlah, kualifikasi, dan status calon dosen tetap | Tampilkan | |
7. | 2.2 | Luaran jumlah karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap penuh waktu yang bidang keahliannya sama dengan program studi, selama 3 tahun terakhir | ||
Inovasi pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Presepektif Islam Tentang Pendidikan Kedokteran (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Pendidikan Dalam Presepektif al-Qur'an (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Fikih Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Studi Islam Komprehensif (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Peran Strategis Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah FITK (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Islam dan Ilmu Pengetahuan (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam yang Efektif dan Menyenangkan untuk Jurnal PPs UIN Palembang (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Pendidikan Akhlak Mulia (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Ilmu Pendidikan Islam (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Artikel Otobiografi Suwito (Prof. Dr. Abuddin Nata, M.A.) | Tampilkan | |||
Madrasah dan Prefesionalisme Guru (Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A.) | Tampilkan | |||
Pembelajaran Ushul Fiqh Berbasih Masalah (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Ushul Fiqh (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Kritik Atas Pemikiran Abdullahi Ahmed an-Naim tentang Distrorsi Syariah terhadap HAM (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Pembelajaran PAI Berbasis Masalah (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Model Integrasi Keilmuan Di Jurusan PAI (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Fikih Kontemporer (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Editor Jurnal "Barunga" (Dr. Sapiudin Shidiq, M.Ag.) | Tampilkan | |||
Dari Selatan ke Utara: Menyelami Makna Pendidikan (Muhammad Zuhdi, M.Ed., Ph.D.) | Tampilkan | |||
8. | 3.1.1 | Struktur organisasi Unit Pengelola Program Studi mencakup aspek: a. Lima unsur unit pengelola program studi: 1) unsur penyusun kebijakan; 2) unsur pelaksana akademik; 3) unsur pengawas dan penjaminan mutu; 4) unsur penunjang akademik atau sumber belajar; dan 5) unsur pelaksana administrasi atau tata usaha; dan b. penjelasan tata kerja dan tata hubungan |
||
Struktur Organisasi FITK | Tampilkan | |||
Struktur Organisasi UIN Jakarta | Tampilkan | |||
PMA No. 06 Tahun 2013 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta | Tampilkan | |||
9. | 3.1.2 | Perwujudan good governance dan lima pilar tata pamong yang mampu menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, dan berhasilnya strategi yang digunakan secara: 1) Kredibel, 2) Transparan, 3) Akuntabel, 4) Bertanggung jawab, dan 5) Adil |
||
Transparansi Bidang Akademik dan Non-Akademik: - UIN Jakarta - SPMB - FITK | Tampilkan Tampilkan Tampilkan |
|||
10. | 3.2 | Keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal berdasarkan keberadaan 5 aspek: 1) dokumen legal pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu; 2) ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI; 3) terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP); 4) bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu (jika ada); dan 5) memiliki external benchmarking dalam peningkatan mutu (jika ada). | ||
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2017): - Standar Mutu SPMI UIN Jakarta - Kebijakan Mutu SPMI UIN Jakarta - Manual Mutu SPMI UIN Jakarta - Implementasi SPMI UIN Jakarta | Tampilkan Tampilkan Tampilkan Tampilkan |
|||
Audit Mutu Internal: - Dokumen Audit Mutu Internal (AMI) - Hasil Audit Mutu Internal (2017) - Hasil Audit Mutu Internal (2018) | Tampilkan Tampilkan Tampilkan |
|||
Audit Mutu Eksternal | Tampilkan | |||
11. | 3.3.1 | Ruang Kuliah, Ruang Kerja Dosen, Ruang Kantor/Administrasi, dan Perpustakaan | Tampilkan | |
12. | 3.3.2 | Ruang belajar mandiri untuk mahasiswa | Tampilkan | |
13. | 3.3.3 | Ruang akademik khusus berupa ruang penelitian, laboratorium, studio, bengkel kerja, lahan praktik atau tempat praktik lainnya harus disediakan dengan luas ruang yang memenuhi syarat gerak dan spesifikasi aktivitas praktikum, bengkel dan studio, dan didasarkan pada efektivitas keberlangsungan proses pembelajaran untuk ketercapaian capaian pembelajaran praktikum/praktik/PPL. | Tampilkan | |
14. | 3.3.4 | Akses ke perpustakaan di luar PT atau sumber pustaka lainnya. | ||
Perpus Nasional | Tampilkan | |||
Perpus Prov. DKI Jakarta | Tampilkan | |||
Perpus UI | Tampilkan | |||
Perpus Al-Mughni | Tampilkan | |||
15. | 3.4 | Jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan: Jumlah minimal tenaga kependidikan terdiri atas 2 (dua) orang tenaga kependidikan untuk setiap program studi dan 1 (satu) orang untuk melayani perpustakaan. Kualifikasi tenaga kependidikan minimal berijazah Diploma Tiga, berusia maksimum 56 tahun, dan bekerja penuh waktu 37,5 jam/minggu | Tampilkan Tampilkan Tampilkan |