Gedung FITK, BERITA FITK Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyambut 15 mahasiswa dan 5 Dosen pendamping Departemen Pendidikan Kanak-Kanak Awal Fakulti Pengajian Islam dan Sains Sosial Universiti Sultan Azlan Shah (USAS) Malaysia. Mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan Student Mobility Program di Prodi PIAUD FITK UIN Jakarta.

Selain penyambutan, acara tersebut juga diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Antarbangsa”. Acara itu digelar pada Senin, (19/9/2022) di Teater Profesor Mahmud Yunus lantai 2 fakultas, gedung FITK UIN Jakarta, Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat, Tangerang Selatan.

“Selamat datang kami sampaikan kepada Bapak-ibu dari USAS Malaysia. Inilah kampus kami, yang mulai ramai dan padat karena telah aktif kuliah secara offline,” ucap Dekan FITK UIN Jakarta, Dr. Sururin, M.Ag., saat menyampaikan sambutannya.

“Bapak-ibu yang kami hormati, sebenarnya UIN Jakarta dan USAS Malaysia itu bagian dari satu organisasi, yaitu Asian Islamic Universities Association (AIUA). Saya inget betul pada saat saya di LPM beberapa kali saya mengikuti kegiatan AIUA. Kebetulan beberapa anggota dari AIUA sebagian besar dari Indonesia dan Malaysia melakukan kerja sama,” terang Sururin.

Ia menambahkan, pihaknya siap untuk menerima dan membimbing 15 mahasiswa yang diamantkan kepada FITK.

“Insya Allah, kami siap menerima dan membimbing 15 mahasiswa yang diamantkan kepada kami. Mudah-mudahan mahasiswa dari USAS dapat segera beradaptasi dengan lingkungan di sini (Ciputat) karena sejatinya antara Malaysia dan Indonesia tidak terlalu jauh berbeda terutama soal bahasa dan budaya,” ujarnya.

Sururin melanjutkan, ia menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyambutan dan jamuan yang diberikan FITK kurang berkenan dan tidak sesuai ekspektasi.

“Kami mohon maaf jika dalam penyambutan dan jamuan yang diberikan kami kurang berkenan dan tidak sesuai ekspektasi. Sekali lagi kami mohon maaf,” pungkasnya.

Sementara itu, Mohd Ahsani bin  A. Malek perwakilan USAS Malaysia menyampaikan terima kasih sudah disambut dengan baik baik oleh FITK UIN Jakatrta.

“Terima kasih Bapak-ibu kami diterima dengan baik di FITK UIN Jakarta. Kami sampaikan juga salam dari Bapak Dekan kami. Kami datang ke sini untuk menyerahkan mahasiswa kami yang mengikuti program student mobility,” terang Mohd Ahsani bin  A. Malek.

“Dari bulan Juni kami komunikasi dengan ibu Khadijah melalui Ibu Shahida, beberapa kali juga kami melakukan meeting secara virtual dan alhamdulillah sekarang kami bisa diterima secara langsung dan penuh dengan suasana kekeluargaan,” sambungnya.

“Insya Allah mahasiswa kami yang berjumlah 15 orang akan mengikuti perkuliahan di PIAUD UIN Jakarta pada semester ini. Mereka akan mengikuti perkuliahan secara langsung di semester 3. Mahasiswa tersebut terdiri dari 13 perempuan dan dua laki-laki,” lanjutnya.

“Kami berharap UIN Jakarta-USAS Malaysia membuka peluang untuk bekerja sama tidak sampai di program student mobility saja, namun bisa berkolaborasi misalnya pada program double degree dan dual mode dan lain sebagainya,” harap Mohd Ahsani bin  A. Malek.

“Kami serahkan sepenuhnya mahasiswa kami  kepada Bapak-ibu di sini. Sila bimbing mahasiswa kami tersebut sesuai dengan tradisi akademik di sini. Kami pun mohon maaf jika selama mereka di sini terdapat kekurangan dan melakukan khilaf. Kami pun berharap mahasiswa UIN Jakarta bisa berkunjung ke USAS Malaysia,” terangnya. (MusAm)