Gedung FITK, BERITA FITK Online– Selasa, (19/102021), FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Pertemuan tersebut membahas sejumlah topik aktual di antaranya pengelolaan laboratorium microteaching dan persiapan pelaksanaan PLP di masing-masing lembaga. Acara tersebut digelar secara langsung di ruang sidang FITK lantai 2.

Sebanyak tujuh orang ikut dalam rombongan FITK UIN Walisongo Semarang tersebut. Di antara rombongan yang mengikuti kunjungan adalah Kalab. Microteaching Hj. Nur Asiyah, M.Si., Sekjur MPI Agus Khunaifi, M.Ag., Sekjur PGMI Kristi Liani Purwanti, S.Si., M.Pd., Sekjur PIAUD Sofa Muthohar, M.Ag., Seklab. Microteaching Nor Hadi, M.Pd.I., Kabag TU Hj. Siti Khotimah, S.Ag., M.M., dan Analis Kepegawaian Nur Salim, S.Ag., M.M.

Kunjungan diterima Wakil Dekan I Dr Kadir MPd, Wakil Dekan II Dr Abdul Muin MPd, Wakil Dekan III Dr Khalimi MAg, Kalab. FITK Dindin Ridwanuddin, M.Pd., Kabag TU Drs. Edy Suandi, Koord. Subbag Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, dan sejumlah staf akademik FITK UIN Jakarta.

Dalam sambutannya sebagai Wakil Dekan I, Dr. Kadir M.Pd. menyampaikan selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke FITK UIN Jakarta. Kadir menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyambutan kurang berkenan dan serba terbatas dikarenakan kondisi masih dalam kondisi covid-19 dan pemberlakuan PPKM “Karena covid-19 dan pemberlakuan PPKM ini mohon maaf jika dalam penyambutan kami terdapat kekurangan dan kurang berkenan,” ucap Kadir.

Senada dengan Kadir, Abdul Muin selaku Wadek II menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyambutan kurang berkenan dan serba terbatas dikarenakan kondisi masih dalam kondisi covid-19 dan pemberlakuan PPKM. Bapak kelahiran Sumedang juga menyampaikan semoga ada hasil dalam kunjungan ini.

“Semoga dengan silaturahmi kedua institusi ini kita sama-sama memperoleh “oleh-oleh” terkait dengan pengelolaan laboratorium microteaching dan persiapan pelaksanaan PLP di masing-masing lembaga mau pun yang lainnya. Karena (institusi) kita berkiprah di dunia pendidikan, maka mari bersama-sama memajukan institusi untuk kemajuan generasi mendatang,” ujar Muin.

Sementara itu, Sekjur PIAUD FITK UIN Semarang Sofa Muthohar, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak telah diterima berkunjung di FITK UIN Jakarta. Sofa Muthohar menerangkan, ia dan rombongan berkunjung ke FITK UIN Jakarta bukan tanpa alasan. Tujuan berkunjung ke FITK adalah pertama untuk silaturahmi sebagai sesama lembaga di bawah naungan PTKIN, selanjutnya, ia dan rombongan ingin belajar dan mencari informasi bagaimana pengelolaan laboratorium microteaching dan persiapan pelaksanaan PLP di masing-masing lembaga mau pun yang lainnya.

“Kami berkunjung ke FITK UIN Jakarta bukan tanpa alasan, pertama untuk silaturahmi sebagai sesama lembaga di bawah naungan PTKIN, berikutnya kami ingin belajar serta mencari informasi terkait bagaimana pengelolaan laboratorium microteaching dan persiapan pelaksanaan PLP di masing-masing lembaga mau pun yang lainnya dengan harapan kami dapat ‘oleh-oleh’ untuk dibawa pulang ke Semarang,” jelas Sofa Muthohar.

Sofa Muthohar melanjutkan, menurutnya saat ini FITK UIN Semarang memiliki enam Program Studi S1, dua prodi magister, dan satu Prodi PPG, dan sedang menunggu izin operasional Prodi Magister PBA.

“Bapak/Ibu, saat ini FITK UIN Semarang memiliki enam Program Studi S1, dua prodi magister, dan satu Prodi PPG, dan sedang menunggu izin operasional Prodi Magister PBA,” lanjutnya.

“Selama covid-19 ini, kami lebih fokus membangun infrastruktur dan fisik bangunan termasuk 10 smart class yang digunakan untuk blended learning. Hanya saja kami ingin mendapatkan gambaran dan wawasan perangkat laboratorium dari FITK UIN Jakarta,” tutup Sofa Muthohar.

Berikutnya, acara yang dilangsungkan di ruang sidang lantai 2 fakultas dilanjutkan dengan sesi dialog dan sharing informasi. Pada kesempatan dialog dan sharing informasi tersebut, sejumlah rombongan dari FITK UIN Walisongo Semarang menanyakan beberapa hal, utamanya berkaitan dengan pengelolaan laboratorium microteaching dan persiapan pelaksanaan PLP di masing-masing lembaga. Acara sharing informasi ini berlangsung cukup hangat dan menarik dan selesai menjelang kumandang azan zuhur. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Khalimi, M.Ag. Wakil Dekan III FITK UIN Jakarta. (MusAm)