Gedung FITK, BERITA FITK Online – Minggu, (31/7) Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Jakarta akan melaksanakan hajat besar yaitu Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP UKMPPG) 2022 batch 1. Acara tersebut diselenggarakan secara  online dan akan diawasi oleh pengawas yang telah mengikuti sejumlah pelatihan.

H-2 jelang pelaksanaan, (29/7), pengelola dan panitia terlihat sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk kesuksesan acara. Di sudut-sudut ruang TU dan ruangan yang difungsikan sebagai tempat pelaksanaan UP, panitia dari Pustipanda terlihat menyiapkan perlengkapan kabel LAN untuk setting jaringan internet. Panitia yang lain juga tak kalah sibuknya, terlihat panitia menyiapkan sejumlah papan nama untuk ruang virtual, dan lain sebagainya.

“UP ini dilaksanakan secara online yang diawasi oleh sejumlah pengawas, koordinator pengawas, dan penyelia dari panitia nasional,” ujar Plt. Kabag TU, Iin Marlina, M.M., saat dimintai keterangan.

Mereka yang mengikuti UP ini, lanjutnya, terdiri dari peserta PAI dan madrasah berjumlah 999 guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ditambahkannya, LPTK UIN Jakarta kembali depercaya oleh Kementerian Agama untuk menjadi salah satu PTKIN penyelenggara UP UKMPPG pada tahun 2022.

“Alhamdulillah, LPTK UIN Jakarta kembali dipercaya oleh Kementerian Agama dan Panitia Nasional untuk menjadi salah satu penyelenggara UP UKMPPG pada tahun 2022. Tentunya ini patut kita syukuri dan jaga betul kepercayaan ini. Oleh karena itu, sejak beberapa hari yang lalu kita sudah menyiapkan beberapa hal untuk kesiapan pelaksanaan UP Minggu mendatang,” terang Iin.

“Persiapan itu seperti cek jaringan internet di sejumlah tempat yang digunakan UP, cek komputer tersambung dengan baik ke server, dan persiapan teknis-teknis yang lain. Semuanya kami pastikan telah memenuhi standard dari panitia nasional dan siap digunakan,” sambungnya.

“Hari ini, seluruh pengawas dan koordinator pengawas mengikuti refreshment yang diselenggarakan panitia nasional. Besok (30/7) pagi akan dilakukan uji sistem sekaligus simulasi pengawas dengan peserta. Kemudian siang sampai sorenya akan diselenggarakan pembekalan pengawas, koordinator pengawas oleh penyelia di grand whiz hotels,” pungkas ibu kelahiran 1975 itu.

Sementara itu, Afif Ahmad Faisal, S.T., M.M. operator dan admin IT PPG, saat dimintai keterangan menyampaikan, dua hari menjelang pelaksanaan UP, persiapan sudah mencapai 90%. Ia optimistis, pelaksanaan UP UKMPPG di LPTK UIN Jakarta akan berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah, kita perkirakan persiapan per hari ini sudah 90%. Semua tempat yang digunakan untuk pengawas sudah terpasang kabel LAN dan sudah kami cek jaringannya. Selain itu, para pengawas juga sudah mengikuti refreshment yang digelar oleh panitia pusat hari ini (Jumat, 29/7). Acara tersebut diharapkan memberikan pemahaman kepada seluruh pengawas ruang virtual, koordinator pengawas, dan panitia yang lain,” jelas Kang Afif sapaan akrabnya.

“Pengawas ruangan kami tempatkan di beberapa lokasi. Di ruang sidang lantai 2, ruang ex. senat, ruang sekretariat laboratorium fakultas lantai 3, ruang Prodi dan ruang dosen PAI di lantai 3. Itu permintaan dari panitia nasional agar pelaksanaan UP ini tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kebisingan,” sambungnya.

“Pelaksanaan UP tahun ini dijadwalkan selama satu hari (Minggu, 31/7) dan akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi satu pukul 8.00-11.00., sementara sesi dua dimulai pukul 13.00-16.00 WIB. Untuk jumlah pesertanya, sesi satu berjumlah 500 peserta, sementara sesi dua berjumlah 499. Jadi, totalnya 999 peserta,” tutup Pria kelahiran Cidahu, Kuningan itu. (MusAm)