Grand Whiz Hotel, Poins, Jakarta, BERITA FITK Online – FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggar workshop dengan tajuk “Penulisan Soal Tryout Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan 2022”. Di hari kedua, (10/6/2022) panitia membagi peserta ke dalam dua tim. Tim pertama membahas mengenai penyusunan soal tryout dan penelaah soal, sementara tim kedua adalah tim review modul Bahasa Arab.

Tim pertama terdiri dari beberapa dosen bidang studi, di antaranya dosen PAI dan madrasah bidang struktur keilmuan al-Quran al-Hadis, Akidah Akhlak, Fiqh, Bahasa Arab, GKMI, GKRA, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Sementara, tim review modul Bahasa Arab terdiri dari enam dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Sebelum acara penyusunan soal tryout dimulai, Wadek Bidang Akademik, Dr. Kadir, M.Pd. memberikan arahan-arahan tentang bagaimana soal-soal tryout yang standard dan sesuai pedoman panitia nasional UKMPPG. Selain itu, ia juga memberikan kisi-kisi soal kepada peserta sehingga mempermudah dalam penyusunan.

Sementara itu, Dr. Zaenul Slam, M.Pd. selaku Kaprodi PPG menyampaikan bahwa jumlah soal UP tahun ini sebanyak 120 soal, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya 100 soal. Namun demikian, untuk jenis soal tetap menggunakan HOTS.

Sebagai tambahan informasi, tim penulis dan penelaah soal kali ini sebagian besar merupakan tim penulis dan penelaah tahun sebelumnya, sehingga diharapkan akan lebih mudah dalam memahami pola soal-soal tryout. (MusAm)