BERITA FITK Online – Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya kita menyadari banyak pihak yang membutuhkan bantuan kita.  Maka hal tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengadakan suatu kegiatan sosial untuk memberikan manfaat terhadap masyarakat. Salah satu kegiatan sosial tersebut adalah kegiatan BAKSOS & BIOMEDIK (Bakti Sosial & Biologi Mengajar dan Mendidik). Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang diadakan oleh Departemen Kerohanian yang berkolaborasi dengan Departemen Keilmuan dan Pengembangan.

BAKSOS (Bakti Sosial) merupakan suatu kegiatan sosial yang dilakukan untuk membantu masyarakat lainnya, biasanya berupa menyalurkan uang, sembako, barang yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. BIOMEDIK (Biologi Mengajar dan Mendidik) adalah suatu kegiatan mengajar dan mendidik yang mana dalam kegiatan ini ilmu pengetahuan dan didikan yang telah dibagikan dan diajarkan akan menjadi manfaat, baik untuk peserta didik maupun pengajar. Selain untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, kegiatan ini juga dapat mengembangkan potensi mahasiswa Tadris Biologi yang berupa kecakapan sosial, mengajar, dan mendidik, serta meningkatkan rasa kepedulian antar sesama dan membangkitkan jiwa sosial mahasiswa  Tadris Biologi untuk siap dalam hidup bermasyarakat.

Kegiatan BAKSOS & BIOMEDIK ini telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 5 Desember 2021 di Kampung Pemulung dengan tema “Memberi Kasih, Menanamkan Ilmu, dan Menumbuhkan Kebersamaan melalui Baksos dan Biomedik”. Kegiatan dilakukan di sebuah aula yang ada di Kampung Pemulung. Kegiatan tersebut meliputi pengajaran dan penyaluran paket alat tulis kepada anak-anak di Kampung Pemulung serta penyaluran sembako kepada masyarakat yang ada di Kampung Pemulung. Kegiatan dihadiri oleh tamu undangan, pengurus HMPS Tadris Biologi, panitia, dan peserta kegiatan. Sebelum kegiatan dimulai, panitia membagikan kupon kepada masyarakat Kampung Pemulung sebanyak 50 kupon untuk pembagian sembako. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dilanjut dengan pembacaan Al-Qur’an beserta saritilawah dan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Aida Aulia Rahmadani selaku ketua pelaksana BAKSOS & BIOMEDIK, sambutan yang kedua disampaikan oleh Ricky Ardiansah selaku wakil ketua HMPS Tadris Biologi, dan sambutan yang ketiga disampaikan oleh Bapak Solihin, M.Pd. selaku perwakilan dosen Tadris Biologi.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan BIOMEDIK (Biologi Mengajar dan Mendidik) yang berupa pengajaran kepada anak-anak di Kampung Pemulung dengan materi “Pemanfaatan Sampah”. Anak-anak diarahkan untuk berkelompok, satu kelompok sebanyak 12-13 anak lalu di dalam satu kelompok tersebut terdapat 2 mentor yang menyampaikan materi. Setelah itu dilakukan penayangan video dengan proyektor. Video yang ditayangkan masih berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Pemaparan materi dan video ini dilakukan dari pukul 09.35 WIB hingga pukul 10.20 WIB. Setelah menonton dan menyimak video, anak-anak diarahkan kembali kepada kelomoknya masing-masing untuk praktik mencuci tangan, sharing session, dan tanya jawab mengenai materi. Tanya jawab ini dilakukan di masing-masing kelompok oleh mentornya, anak yang dapat menjawab pertanyaan diberikan hadiah berupa tempat minum atau tumbler, sedangkan yang lain diberikan permen. Setelah BIOMEDIK ini selesai pada pukul 11.05 WIB, diadakan games serta ice breaking yang dipimpin oleh MC. Lalu dilakukan pemberian sertifikat kenang-kenangan kepada Bang Gareng selaku kepala suku di Kampung Pemulung, yang diberikan oleh Ricky Ardiansah selaku wakil ketua HMPS Tadris Biologi. Kemudian dilanjutkan sesi pembacaan doa, penutupan, dan sesi foto bersama hingga pukul 11.47 WIB. Setelah rangkaian kegiatan dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan BAKSOS. Anak-anak diarahkan untuk berbaris lalu masing-masing anak diberikan satu paket alat tulis.

BAKSOS ini juga dilakukan saat kegiatan berlangsung. Penyaluran sembako dilakukan 2 sesi. Sesi I dilakukan pada pukul 11.00 WIB dan sesi II dilakukan pada pukul 13.00 WIB. Pada kupon sembako sudah tertera waktu untuk pembagian sembako sehingga masyarakat yang mendapatkan kupon sebagiannya akan datang ke aula pada pukul 11.00 WIB untuk mengambil sembako dan sebagian lainnya datang pada pukul 13.00 WIB. Sebagian panitia mengurus kegiatan BIOMEDIK dan sebagian panitia lainnya juga mengurus pembagian sembako ini. Hujan turun secara berkala dari sebelum kegiatan hingga selesai, akan tetapi kegiatan dapat berjalan dengan lancar meskipun masih ada kekurangan yang perlu dievaluasi. (HMPSBio/MusAm)