BERITA FITK OnlineChemistry For Village yang disingkat dengan CHEMFORVIL merupakan salah satu program kerja Departemen Hubungan Luar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan tersebut bertemakan “Berikan Edukasi pada Desa dengan Penuh Dedikasi”.

Chemistry For Village merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pengalaman dan wawasan untuk masyarakat dan juga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Chemistry For Village 2022 terdiri dari 4 kegiatan yakni Penyuluhan tentang sampah, praktikum sederhana, pembuatan pupuk organik dan pembuatan plang jalan.

Chemistry For Village merupakan ajang pengembangan Softskill mahasiswa dalam berinteraksi, mengenal lingkungan, dan membangun kepedulian terhadap sesama serta jaringan yang luas guna menunjang keberhasilan proses pendidikan mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Untuk itu, kami mengadakan sebuah acara “CHEMFORVIL HMPS Pendidikan Kimia”.

Pelaksanaan kegiatan Chemistry For Village 2022 berlangsung selama tiga hari yaitu pada Jum’at-Minggu, 29-31 Juli 2022 yang bertempat di Kampung Dangdang Pulo RW. 06, Desa Sukamulya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Chemistry For Village 2022 ini dibuka untuk masyarakat umum dan siswi kelas 10 Yayasan Multazam. Adapun para pemateri yang dihadirkan pada kesempatan kali ini, yaitu Ibu Dilla Fairusi, M.Si. dan Ibu Evi Sapinatul Bahriah, S.Pd, M.Pd. selaku dosen Pendidikan Kimia. Adapun kegiatan Chemistry For Village 2022 ini dilakukan oleh Santriwati Yayasan Multazam dan komunitas petani di Kampung Ganggang Pulo.

Pelaksanaan kegiatan Chemistry For village 2022 dimulai dengan persiapan hari pertama yaitu panitia yang meliputi mempersiapkan dan memastikan kelengkapan kebutuhan acara. Kegiatan selanjutnya adalah pembukaan Chemistry For Village 2022 oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FITK oleh seluruh hadirin. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana, ketua HMPS Pendidikan Kimia, pimpinan Yayasan Multazam, Kepala Madrasah Tsanawiyah Multazam dan yang terakhir sambutan Program Studi Pendidikan Kimia.

Rangkaian pada kegiatan Chemistry For Village 2022 ini diawali dengan Pemberian Materi tentang sampah yang disampaikan oleh Ibu Dilla Fairusi, M.Si. Setelah itu Isoma, kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan Ice Breaking dan praktikum sederhana dari Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidyatullah Jakarta. Kegiatan selanjutnya Penutupan hari pertama.

Pelaksanaan Chemistry For village 2022 pada hari kedua dimulai dengan mempersiapkan dan memastikan kelengkapan kebutuhan selama acara. Kegiatan selanjutnya adalah pembukaan hari kedua oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Desa Sukamulya Bapak Ihwan Nuraripin, Bapak Jarwo selaku ketua Rw.06 dan Ibu Evi Sapinatul Bahriah, S.Pd, M.Pd. Rangkaian kegiatan pada hari kedua diawali dengan pemberian materi tentang pembuatan pupuk organik yang disampaikan oleh Ibu Evi Sapinatul Bahriah, S.Pd, M.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan pupuk organik. Kegiatan selanjutnya Penutupan hari kedua.

Pelaksanaan Chemistry For village 2022 pada hari ketiga dimulai dengan mempersiapkan dan memastikan kelengkapan kebutuhan selama acara. Kegiatan selanjutnya adalah pembukaan hari ketiga oleh MC, dilanjutkan dengan penyerahan plakat  oleh Ketua Pelaksana kepada Kepala Madrasah Tsanawiyah Multazam sebagai perwakilan dari Yayasan Multazam, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penutupan oleh MC. Kemudian sebagai bentuk dedikasi dari Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada warga desa setempat maka kita membuat plang jalan sebagai kenang-kenangan dari Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Ilham Ramadhan/ MusAm)