AZYUMARDI AZRA
(4-3-1955 – 18-9-2022)

Selamat jalan Ed, kita bersahabat sejak sama-sama aktif di HMI Ciputat dan merangkap jadi wartawan majalah Panji Masyarakat di bawah asuhan Buya Hamka. Kamu punya visi dan determinasi kuat utk tumbuh jadi ilmuwan dan kamu buktikan dg meraih doktor ilmu sejarah di Universitas Columbia. Kamu bertumbuh lebih dari sekedar seorang ilmuwan, melainkan juga intelektual sejati yg menjaga independensi dan integritas.

Komunitas intelektual Ciputat ikut bangga dg kiprahmu di panggung global. Kamu mengenalkan khazanah tradisi dan intelektual nusantara pada dunia yg kemudian diikuti dan dilanjutkan oleh para yunior dan mahasiswamu. Kami semua kehilangan dirimu. Kamu kadang terbang tinggi di atas awan menjelajahi dunia sendirian, mirip “eagle flying alone”. Tapi kamu juga punya rumah intelektual di Ciputat membina para yuniormu.

Indonesia kehilangan intelektual sejati yg selalu menjaga dan memperjuangkan integritas. Terima kasih atas semua jasa dan warisanmu, terutama karya tulismu yg akan membuat nama dan pikiranmu selalu hidup dan dikenang. Tak akan terlupakan, di tanganmu IAIN Ciputat berubah jadi UIN yg kemudian menginspirasi IAIN lain di Indonesia turut berubah jadi UIN. Kamu mendahului kami pulang ke rumah ilahi dalam perjalanan mulia utk memberikan pencerahan dalam acara seminar di Kuala Lumpur. Sebuah perpisahan mendadak yg sangat mengagetkan, menyedihkan namun juga membanggakan. Semoga kamu berbahagia dan damai di rumah barumu, berjumpa dengan temans seperjuangan. (MusAm)

Sumber: Facebook Komaruddin Hidayat