Grand Whiz Hotel, BERITA FITK Online – Sejumlah dosen dan guru penguji Uji Kinerja (Ukin) Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam dan Madrasah mengikuti Refreshment pada Kamis, (21/7/2022) bertempat di Grand Whiz Hotel, Jakarta Selatan.

Dosen dan guru penguji yang mengikuti refreshment tersebut berjumlah 85 orang (40 dosen dan 45 guru). Terdiri dari dosen PAI dan madrasah bidang struktur keilmuan al-Quran al-Hadis, Akidah Akhlak, Fiqh, Bahasa Arab, GKMI, GKRA, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Dalam acara tersebut, FITK menghadirkan dua narasumber, yang pertama Dr. Asep Supena M.Psi., (Panitia Nasional-Universitas Negeri Jakarta) mengisi materi penilaian uji kinerja UKMPPG 2022 dan Nuludin Saepudin, S.Kom., mengisi materi praktik penilaian uji kinerja pada aplikasi UKMPPG.

“Bapak/Ibu, terima kasih atas kedatangannya. siang sampai sore nanti kita akan menyimak dan membahas materi yang sangat penting yaitu persiapan uji kinerja PPG Daljab 2022 batch 1 bersama,” ucap Muin saat penyampaian sambutan pembukaannya.

“Bapak/Ibu, intinya kenapa kita perlu penyamaan persepsi, pertama adalah untuk memudahkan pengelolaan. Sebisa mungkin antara penilaian dosen dan guru tidak terlalu jauh dan perbedaannya dalam batas toleransi. Kemudian yang kedua, perbedaan itu biasanya karena beda pemahaman antara dosen dan guru. Maka dari itu, kami mohon Bapak/Ibu memanfaatkan kegiatan ini untuk memahami semua tentang UKin. Kami percaya Bapak/Ibu sudah sangat berpengalaman. Namum demikian, jika ada yang masih belum paham silakan ditanyakan dan didiskusikan,” sambungnya.

Untuk diketahui, dikumpulkannya para dosen dan guru penguji UKin, selain untuk penyamaan persepsi dan pembekalan juga memperkenalkan teknis dan prosedur pelaksanaan UKin PPG Daljab batch 1.

Sementara itu, Nengsih Juanengsih dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta UKin sebanyak 447 peserta.

“Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 447 peserta firstaker dan 1 peserta retaker. Kami pun membatasi 1 orang penguji maksimal menguji 4 mahasiswa,” terang Nengsih.

“Pelaksanaan UKin sendiri maksimal dilaksanakan 3 hari, kami jadwalkan mulai tanggal 22-24 Juli. Kemudian hanya 40 dosen UIN Jakarta yang aktif dan bisa dijadikan penguji, sementara untuk guru alhamdulillah berjumlah 45 guru,” pungkas Nengsih.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama tentang penilaian uji kinerja UKMPPG 2022 oleh Dr. Asep Supena M.Psi., (Panitia Nasional-Universitas Negeri Jakarta) dan dilanjutkan dengan narasumber yang kedua, yaitu Nuludin Saepudin, S.Kom., mengisi materi praktik penilaian uji kinerja pada aplikasi UKMPPG. (MusAm)