Auditorium Harun Nasution, BERITA FITK Online– Lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan menjadi lulusan terbaik tingkat universitas pada Wisuda 115 UIN Jakarta yang digelar pada Sabtu, (22/2/2020) di Auditorium Harun Nasution.

Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.89 yudisium Kumlaude, Aulia Rahman dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) menempati posisi teratas dengan judul skripsi Pengaruh Keterampilan Guru PAI dalam Mengajar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Mathlaul Huda Parungpanjang.

Terbaik selanjutnya Alfiah Khoiri Asyir IPK 3.80 Kumlaude dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam judul skripsi Transformasi Media pada Majalah Moeslimchoice, Dicky Nur Litasari IPK 3.73 Kumlaude dari Fakultas Psikologi judul skripsi Pengaruh Kompetensi, Kondisi Kerja, dan Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Kinerja Pegawai Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selanjutnya, Farah Fadhilah 3.66 Kumlaude dari Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Farmasi judul skripsi Pengaruh Waktu Ekstraksi terhadap Karakteristik Pektin dari Buah Kluwih (Artocarpus altilis Fosberg) Menggunakan Metode Ultrasound Assisted Extraction (UAE) dengan Pelarut Asam Sitrat, dan Safira Rosiana Choirida IPK 3.59 Kumlaude dari Fakultas Kedokteran Prodi Kedokteran judul skripsi Efek Samping Pemberian Ekstrak Metanol Daun Zaitun (Olea europaea L.) terhadap Gambaran Histopatologi Hepar Mencit Galur DDY yang Diinduksi Ovalbumin.

Sementara untuk terbaik Program Magister Fakultas diraih Muhamad Fahri IPK 4.00 Kumlaude, juga dari FITK dengan judul Tesis Al-Afkaaru an-Nahwiyatu at-Tajdiidiyatu ‘inda Mahdi Al-Makhzoumi: Dirasat Tahliliyat Tathbiqiyat dan M Hambali IPK 3.93 Kumlaude dari FDIK Program Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan judul tesis Metode Dakwah pada Suku Anak Dalam (SAD) Jambi.

Sedangkan untuk terbaik Program Magister Kajian Islam diraih Luthfi Mafatihu Rizqia IPK 3.77 Kumlaude dengan judul tesis Pengelolaan Zakat Berbasis Masjid Perkotaan: Pemahaman Fikih dan Hukum Positif dan Program Doktor diraih Faizal Amin 3.94 Kumlaude judul disertasi Manuskrip Koleksi Abang Ahmad Tahir Kapuas Hulu: Kajian Teks dan Parateks tentang Konstruksi Identitas Dayak Islam pada Awal Abad ke-20.

Pada wisuda hari pertama ini, sebagaimana disebutkan Rektor Prof Amany Lubis MA dalam sambutannya, diwisuda 647 orang, yaitu FITK 304 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 118 orang, Fakultas Psikologi 32 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 78 orang, Fakultas Kedokteran 85 orang, dan Sekolah Pascasarjana 30 orang.

Sedangkan pada hari kedua, Minggu (23/2/2020) tercatat diwisuda 661 orang, yaitu Fakultas Adab dan Humaniora 113 orang, Fakultas Ushuluddin 70 orang, Fakultas Syariah dan Hukum 133 orang, Fakultas Dirasat Islamiyah 31 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 104 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 151 orang, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 59 orang.

“Seluruh lulusan berjumlah 1.308 orang dan yang terbaik silahkan untuk menjadi dosen di UIN Jakarta ini,” ujar Amany.

Selain lulusan terbaik kategori IPK tertinggi yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zulkifli MA, disampaikan pula oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Andi M Faisal Bakti MA lulusan yang pernah meraih prestasi Non Akademik kategori kejuaraan, perlombaan, pertandingan, dan kompetisi (nasional/internasional).

Kategori lainnya, karya kreatif, inovatif, distinctive (buku/novel/pembuatan program/aplikasi),  partisipasi aktif (pembicara, pemakalah, presentator, mentor, komite, trainer, konsultan, atau tutor) pada forum nasional/internasional termasuk peserta terbaik,  aksi sosial, kemanusiaan, lingkungan, dan pendidikan, seperti relawan, dan hafiz quran 30 juz, atau 20 juz. (bj)