Gedung FITK, BERITA FITK Online– Prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, kali ini berasal dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu Sindy Indah Oktavia.

Sindy sapaan akrabnya, menjadi juara pertama pada ajang perlombaan ASEAN Young Climate Leaders Programme bertema “Green Conversations” yang digelar  ASEAN Foundation dan SAP SE (perusahaan perangkat lunak multinasional) pada 22 Mei-5 Juni 2022. Sindy merupakan utusan Ranita salah satu organisasi yang bernaung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Jakarta

Perlombaan tersebut merupakan ajang untuk menjaga lingkungan. Menurut Sindy yang mempelajari eko-populis, lingkungan perlu dijaga untuk keberlangsungan semua makhluk hidup. Ia mengangkat video tentang kearifan lokal yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Indonesia kepada Association of Southeast Asian (ASEAN).

“Aku pikir, tujuanku dalam membuat video tersebut, sebagai media untuk menulis dan menyampaikan secara visual, bentuk ideologi dan praktik masyarakat adat. Mengenal bagaimana penjawantahan nilai-nilai kearifan lokal dari masyarakat adat yang secara sustain berdampak terhadap lingkungan, khususnya di Indonesia. Aku ingin terus menjelajah, menyentuh peradaban secara langsung, menulisnya, lalu mengabarkannya kembali pada dunia,” ujar gadis pasangan dari Ibu Rosdiana Indah dan Bapak Edy Sungkawa itu.

Ia juga mengaku terharu atas apresiasi dan perhatian yang diberikan pihak universitas dan fakultas.
“Saya terharu sekali karena diapresiasi oleh universitas dan fakultas dan dosen lain-lainnya yang seperhatian ini. Saya benar-benar terharu dan semakin semangat jadinya. Saya pribadi tidak pernah mendapat dukungan sebanyak ini. Saya benar-benar mengucapkan terima kasih dan mohon doanya selaludari semua pihak,” sambung mahasiswa yang memiliki NIM 11170110000067.

Sebagai informasi, Sindy sudah empat kali memenangi kejuaraan tingkat internasional. Ia pernah juara 1 lomba story telling tingkat internasional dengan tema kearifan lokal serupa yang diselenggarakan oleh Tay Juhana Foundation. Prestasi lainnya, Sindy juga menjadi presenter dengan tema kearifan lokal yang serupa pada gelaran international Colloquium on Youth, Enviroment and Sustainability di UNPAD Oktober 2021.

Selain itu, Sindy baru saja meraih medali perak pada ajang Research, Art, Invention International Competition 2022 yang diselenggarakan oleh IFPRI. Hanya saja menurut informasinya, karena medali dan sertifikat dikirim secara offline maka sertifikat tersebut belum ia terima dan ia juga belum berani melaporkan ke fakultas.

Sementara itu, Sekprodi PAI, Drs. Rusdi Jamil, M.Ag. saat diwawancarai oleh kontributor FITK menyampaikan selamat atas pencapaian prestasi yang telah diraih oleh mahasiswanya,  ia juga berharap prestasi yang diraih mahasiswanya itu menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lainnya.

”Saya sebagai Sekprodi PAI mewakili keluarga besar Prodi Pendidikan Agama Islam mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Sindy Indah Oktavia. Prodi PAI bangga terhadap prestasi yang diraih olehnya. Semoga prestasi dari mahasiswa lainnya untuk tingkal lokal, regional, nasional, bahkan internasional bisa semakin bertambah,” pungkas pria kelahiran Solok, Sumatera Barat itu. (MusAm)