Gedung FITK, BERITA FITK Online– Sabtu, (6/8/2022) bertempat di Teater Prof. Dr. Mahmud Yunus lantai 3  fakultas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK Kota Tangerang Selatan menggelar Workshop yang bertajuk “Implementasi Kurikulum Merdeka GPAI SMA/SMK Kota Tangerang Selatan”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menjaga kualitas Guru Pendidkan Agama Islam di lingkungan sekolah tingkat SMA/SMK se-Kota Tangerang Selatan. Dalam acara itu, PAI dan MGMP menghadirkan 5 narasumber dengan rincian sebagai berikut:

Pertemuan kesatu:
Sabtu, 6 Agustus 2022
1.
Konsep Umum IKM
(Dr. Bahrissalim, M.Ag.)
2.
Asesmen Diagnoatik
(Dr. Yayah Nurmaliyah, M.A.)

Pertemuan kedua:
Sabtu, 13 Agustus 2022
1.
Pembelajaran project
(
Yudi Munadi, M.Ag.)
2.
Analisis CP, dan penyusunan TP, dan ATP
(Rohmat Widiyanto, M.Pd.)
3.
Pembuatan Modul Ajar (MA) PAI dan BP
(Bobi Erno Rusadi, M.Pd.I.)

Dalam sambutannya sebagai Dekan, Dr. Sururin, M.Ag., menyampaikan rasa syukur sehingga kegiatan Workshop gabungan dapat terlaksana.

“Alhamdulillah kita dapat melaksanakan kegiatan Workshop yang bertema  Implementasi Kurikulum Merdeka GPAI SMA/SMK Kota Tangerang Seslatan. Menurut kami workshop ini penting untuk dilaksanakan karena sebagian dari kita masih bingung dan menerka-nerka kurikulum Merdeka ini,” ucapnya.

“Tentu akan sangat menyenangkan dan akan sangat baik seandainya kegiatan ini ada tindak lanjut, misalnya dengan adanya pelatihan guru PAI tingkat SD dan SMP,” sambung Sururin.

Sururin menambahkan, FITK UIN Jakarta telah membuka program doktor PAI.

“Bapak/Ibu, alhamdulillah FITK UIN Jakarta telah membuka program doktor PAI dan akan memulai perkuliahan semester awalnya bulan September nanti. Kami berharap, guru-guru PAI yang di Tangsel yang sudah bergelar magister untuk melanjutkan program doktornya di kami,” pungkas Dekan FITK sekaligus Ketua Forum Dekan Tarbiyah dan Keguruan (Fordetak) itu.

Selanjutnya, Dr. Suhardi, M.A., selaku Kasi PAKIS Kemenag Kota Tangerang Selatan dalam sambutannya menyampaikan kegembiraanya pada hari ini terlaksana kegiatan yang cukup penting.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama mengikuti sebuah kegiatan yang menurut saya sangat bagus sekali, sangat kontekstual bila dikaitakan dengan kondisi saat ini apalagi dengan kebijakan Mas Menteri yang kemudian diadopsi oleh Kementerian Agama terkait dengan Kurikulum Merdeka sehingga kita coba untuk menyamakan persepsi dan mempelajari lebih dalam lagi terkait MBKM ini,” ujar Suhardi.

“Kami berharap, Bapak/Ibu dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga apa yang masih diragukan dan dibingungkan dapat terjawab tuntas di momen ini,” lanjut Suhardi.

“Kami berterima kasih kepada mitra kami yaitu FITK UIN Jakarta yang selalu mendukung langkah-langkah kami dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Tangerang Selatan. Terima kasih banyak bu Dekan,” pungkasnya.

Sementara itu, Faiqoh Faqih, M.Pd., guru SMA Al-Azhar BSD menyampaikan harapannya atas terselenggaranya workshop tersebut.

“Saya mewakili teman-teman guru PAI Kota Tangerang Selatan punya beberapa harapan dengan diadakannya workshop ini. Pertama tentu berharap kurikulum merdeka ini lebih baik dibanding sebelumnya. Yang kedua, tidak membebani guru secara administrasi,” terang Mbak Iqoh sapaan akrab Ibu kelahiran Cirebon itu.

Ia melanjutkan, apa pun kurikulum yang akan diterapkan, harus diperhatikan dengan kondisi sekolah. Menurutnya, sekolah swasta yang bagus mungkin tidak akan menemukan kendala saat pergantian kurikulum baru, namun tidak untuk sekolah swasta yang masih dalam pembinaan.

“Terakhir saya berharap, selepas workshop ini ada tindak lanjut baik dari MGMP maupun dari FITK berupa dibuatkan kelompok untuk masing-masing gugus yang kemudian dilakukan pendampingan oleh guru atau dosen yang sudah berpengalaman. Kelompok gugus itu misalnya, gugus Serpong, gugus Ciputat dan sebagainya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, workshop yang bertajuk “Implementasi Kurikulum Merdeka GPAI SMA/SMK Kota Tangerang Selatan dilaksanakan dua kali. Pertama pada tanggal 6 diberikan materi-materi dan yang kedua pada tanggal 13 Agustus 2022 akan dilakukan praktik. (MusAm)