BERITA FITK Online – Dalam rangka mengisi agenda perkuliahan dosen tamu pada mata kuliah sintaksis di semester 4, PBSI UIN Jakarta kali ini mengundang salah satu dosen dari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Perkuliahan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2022 lewat pertemuan online melalu zoom meeting dan dihadiri oleh peserta, baik dari mahasiswa PBSI UIN Jakarta maupun mahasiswa PBSI UAD. Dalam perkuliahan kali ini, PBSI UIN Jakarta mengangkat tajuk “Sintaksis dalam Pembelajaran BIPA”.

Hermanto, S.Pd., M.Hum. sebagai dosen dari PBSI UAD yang menekuni bidang pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di kesempatan kali ini, beliau berbagi pengalaman dan ilmunya sebagai pengisi materi dalam agenda perkuliahan dosen tamu mata kuliah sintaksis. Di forum perkuliahan ini mahasiswa diberikan wawasan tentang berbagai keterkaitan proses pengajaran dan pembelajaran BIPA yang sangat erat hubungannya dengan kajian ilmu lingustik, teknik mengajar BIPA, konsep pembelajaran BIPA, media apa saja yang bisa dijadikan sarana belajar untuk peserta BIPA, bagaimana mengevaluasi peserta pelajar BIPA, serta sharing season menarik lainnya.

Kegiatan perkuliahan ini dibuka oleh MC yang berasal dari mahasiswi PBSI UIN Jakarta yaitu, Elis Sulistyawati dan dimoderatori langsung oleh Bapak Dona Aji Karunia Putra, M.A. selaku dosen pengampu mata kuliah sintaksis. Acara berikutnya yaitu sambutan oleh Kaprodi PBSI UIN Jakata, Bapak Makyun Subuki,. M. Hum. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena selain menghadirkan suasana perkuliahan yang baru, kegiatan ini juga sebagai bukti kerjasama yang baik antara jurusan PBSI UIN Jakarta dan PBSI UAD. Setelah sambutan-sambutan, acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Bapak Hermanto, S.Pd., M.Hum. dan perkuliahan ditutup dengan sesi diskusi yang menarik.

Tujuan adanya kegiatan perkuliahan ini, diharapkan bisa menjadi wadah dan lingkungan baru bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa PBSI UIN Jakarta, agar mendapatkan suasana serta  wawasan yang lebih beragam. Selain itu, kerjasama yang dibangun dalam kegiatan ini dapat menjadi jembatan silaturahmi antar dosen maupun mahasiswa dari universitas yang berbeda. (Wirda Adelia)