Gedung FITK, BERITA FITK Online –Program Studi Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 secara virtual pada Senin, (6/9/2021). Acara dihadiri oleh Dekan Dr. Sururin, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Kadir, M.Pd., Dr. Abdul Muin, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. Abdul Ghofur, M.Ag, (Kaprodi MPAI), Dr. Erba Rozalina Yulianti, M.Ag. (Sekprodi MPAI), Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A., (Kaprodi MPAI), Dr. Ahmad Royani, M.Hum., (Sekprodi MPBA) Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd., (Kaprodi MPBI), Dr. Zahruddin, Lc., M.Pd., (Kaprodi MMPI) dan mahasiswa baru Program Studi Magister FITK yang berjumlah 129 orang dengan rincian: MPAI 43 mahasiswa, MPBA 24 Mahasiswa, MPBI 21 mahasiswa, dan MMPI 41 mahasiswa .

Dalam sambutannya sebagai Dekan, Sururin menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung dengan kampus pelopor, kampus pembaharu dan fakultas perintis FITK. Selain itu, Suruin menambahkan bahwa “Saudara perlu mengetahui, FITK merupakan fakultas terbesar di UIN Jakarta, memiliki 12 Prodi S1 dan empat Prodi S2, kami juga sedang mempersiapkan Prodi S3 PAI dan ke depan insyaallah kami akan mempersiapkan beberapa Prodi S2,” tambah Sururin

Lanjut Sururin, pimpinan fakultas berharap, saudara lulus kuliah tepat waktu, yaitu dua tahun (empat semester). Untuk mewujudkan cita-cita tersebut fakultas dengan Prodi berupaya untuk memeberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, baik pelayanan akademik maupun non akademik. “Kami pimpinan fakultas dengan Prodi akan mengadakan kegiatan penunjang agar saudara bisa lulus tepat waktu,” jelas Sururin.

Terakhir, Sururin kembali mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan diterima di Prodi masing-masing dan berharap mahasiswa enjoy dalam mengikuti setiap perkuliahan dan kegiatan yang diselenggarakan Prodi dan fakultas, “Saya ucapkan kembali selamat dan sukses untuk saudara yang telah dinyatakan lulus dan diterima di Prodi yang saudara pilih, semoga saudara enjoy dalam mengikuti perkuliahan dan seluruh kegiatan yang diselenggarakan prodi dan fakultas,” tutup Sururin.

Berikutnya, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Kadir, M.Pd., menyampaikan PBAK tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya PBAK tahun ini digelar secara virtual, “Saudara semua perlu mengenal budaya akademik, iklim akademik, suasana akademik, etika akademik, dan cara-cara mengikuti kuliah, aturan yang harus diikuti sehingga bisa lulus tepat waktu. Saya kira studi di tingkat S2 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah komitmen waktu, apalagi buat teman-teman yang sudah bekerja tidak mudah studi S2 jika S2 makanya perlu ada pengaturan waktu yang tepat. Selain itu juga Bapak/Ibu harus mendapatkan izin dari atasan di mana Bapak/Ibu bekerja.” ujar Kadir.

“Mohon kiranya ikuti aturan-aturan, baik aturan perkuliahan maupun aturan dalam penyelesaian studi. Kemudian saudara perlu memantapkan minat bakat dan kreasi karena Bapak/Ibu ini ingin naik kelas dari di kerangka kualifikasi nasional Indonesia itu dikenal ada beberapa level, level 1 adalah sarjana, level 2 adalah magister, dan level tertinggi adalah doktor,” tutup Kadir.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Abdul Muin, M.Pd., menyampaikan bidang administrasi umum. “Selamat datang Bapak/Ibu yang diterima sebagai mahasiswa baru Program Magister FITK. Beberapa yang penting mahasiswa magister adalah masa studi. Masa studi idealnya dua tahun dan masa studi maksimal adalah empat tahun. Tapi kami berharap mahasiswa tidak sampai menyelesaikan studi selama 4 tahun (maksimum),” ujar Muin

“Kalau studi akademiknya persis dua semester itu selesai, tetapi yang jadi masalah adalah ketika penyusunan tesis. Apalagi bagi Bapak/Ibu yang bukan fresh graduate dan sedang bekerja maka itu akan bisa mengganggu saat penyelesaian tugas terakhir atau tesis itu,” tutup Bapak kelahiran Sumedang ini.

Selanjutnya, pembekalan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Khalimi, M.Ag. Khalimi lebih banyak menjelaskan tentang kegiatan mahasiswa dan kerja sama-kerja sama FITK dengan lembaga lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

Setelah sambutan Dekan dan para Wakil Dekan, acara PBAK Program Magister FITK dilanjutkan dengan sambutan sekaligus penyampaian materi oleh masing-masing Kaprodi Magister FITK. Secara berururutan sambutan disampaiakan oleh Dr. Abdul Ghofur, M.Ag, (Kaprodi MPAI), Dr. Erba Rozalina Yulianti, M.Ag. (Sekprodi MPAI), Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A., (Kaprodi MPAI), Dr. Ahmad Royani, M.Hum., (Sekprodi MPBA) Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd., (Kaprodi MPBI), Dr. Zahruddin, Lc., M.Pd., (Kaprodi MMPI). (MusAm)