Gedung FITK, BERITA ONLINE FITK – Februari  lalu, tepatnya pada tanggal 26-28 Februari 2021, Mahasiswa Program Studi  Pendidikan  Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti acara Kemah Bahasa Arab (KBA) yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah II Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia (ITHLA). Acara ini dihadiri oleh mahasiswa bahasa Arab dari berbagai instansi yang berada  di wilayah DPW II  ITHLA (DKI Jakarta, Jawa barat, Banten ) seperti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Jakarta, Institut Agama Islam Cipasung, STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta dsb. KBA 2021 diselenggarakan di Bumi Perkemahan Bedeng, Kadubeureum, Padarincang, Serang, Banten.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, acara yang secara resmi dibuka oleh Dr. H. Lalu Turjiman Ahmad, M.A selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini tetap berjalan dengan khidmat. Diantara rangkaian acara KBA 2021 yaitu Seminar Nasional yang mengangkat tema “ Rekonsiliasi Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Visual” dengan menghadirkan Dr. H.  Aang Saeful Milah, M.A selaku narasumber dan dimoderatori oleh Siti Nurfayizah mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Jakarta. Dalam seminar tersebut narasumber mengatakan, bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab sebenarnya tidak bergantung kepada media apa yang digunakan, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah dosen, mahasiswa, dan bahan ajarnya. Karena dengan media sebagus apapun jika tiga komponen tersebut kurang maksimal, maka pembelajaran bahasa Arab juga tidak akan maksimal dan  beliau berharap agar mahasiswa bahasa Arab khususnya para anggota ITHLA bisa membawa bahasa Arab kembali ke asalnya yaitu bahasa Arab yang berorientasi kepada makna atau rasa.

Selain acara Seminar Nasional dalam KBA 2021 juga diselenggarakan Workshop Debat bahasa Arab, Musyawarah Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah II ITHLA dan beberapa perlombaan yang diantaranya lomba Taqdimul Qishah, Khitobah dan Ghina Aroby.  Pada perlombaan tersebut delegasi PBA UIN Jakarta memenangkan beberapa perlombaan, yaitu juara 3 Ghina Aroby oleh Risalatunnisa, dan juara 3 Taqdimul Qishah oleh Aan Subhan dan M. Nasrullah Tawakkal. Penutupan acara Kemah Bahasa Arab dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2021, dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba, dan salam sayonara oleh para peserta dan panitia, dan kemudian ditutup secara resmi oleh Mahbubi, S. Hum selaku Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat ITHLA. Dengan diselenggarakannya acara KBA ini diharapkan mahasiswa bahasa Arab dapat terus bersinergi dan memperluas silaturahmi terutama sesama mahasiswa bahasa Arab.