Grand Whiz Hotel, Jakarta Selatan, BERITA FITK Online– Sehari jelang pelaksanaan Uji Pengetahuan Mahasiswa PPG Batch 2 Dalam Jabatan Tahun 2021, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) bersama penyelia menggelar pembekalan bagi panitia dan pengawas. Acara tersebut diselenggarakan di Grand Whiz Hotel, Poins Simatupang, Jakarta Selatan pada Jumat, (03/12/2021).

Pada kegiatan tersebut, pengelola, panitia, dan pengawas akan dibekali informasi mengenai proses pelaksanaan UP, mulai dari sistem yang akan digunakan sampai ruangan mana yang akan dijadikan untuk pelaksanaan UP tersebut. Meskipun, pada sehari sebelumnya telah dilaksanakan uji sistem serentak secara nasional.

Hadir dalam acara tersebut Dekan FITK Dr. Sururin, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Kadir, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Abdul Muin, M.Pd., Kaprodi dan Sekprodi PPG, para penyelia di antaranya Dr. Muslim Razali, M.Ag. (UIN Ar-Raniry Aceh), Dr. Hazrullah, S.Pd.I, M.Pd. (UIN Ar-Raniry Aceh), dan Dr. Siti Halimah, M.Pd. (UINSU). Sementara dari unsur TU FITK terdiri dari Kabag TU Drs. Edy Suandi, dan sejumlah tenaga administrasi FITK.

Dalam sambutan dan laporannya sebagai dekan, Sururin menyampaikan selamat dating kepada seluruh penyelia juga menyampaikan kesiapannya untuk melaksanakan UP. “Bapak/Ibu penyelia, kami pimpinan fakultas mengucapkan selamat dating kepada Bapak/Ibu penyelia, mohon beri kami masukan san arahan jika masih ada kekurangan dari persiapan UP PPG Daljab 2021 Batch 2 ini, insyaallah kami siap melaksanakan setiap masukan dan arahan dari Bapak/Ibu penyelia,” ucap Sururin.
“Kami ingin melaporkan kepada Bapak/Ibu penyelia tentang persiapan dan kesiapan fasilitas dan perangkat pendukung pelaksanaan UP ini mulai dari ruangan untuk pengawas, panitia, dan panitia kami sudah siapkan sesuai dengan standar yang diminta oleh panitia nasional. Insyaallah untuk pelaksanaan UP besok dan lusa kami siap 100%. Mudah-mudahan tidak masalah non teknis yang mengganggu saat pelaksanaan UP besok. Kami pun telah menyiapkan wifi dan LAN serta genset untuk mengantisipasi jika saat pelaksanaan UP terjadi masalah jaringan dan listrik padam,” pungkas Dekan FITK UIN Jakarta sekaligus ketua Fordetak ini.

Sementara itu dalam pembekalan sebagai penyelia, Dr. Hazrullah, M.Pd., menyampaikan terima kasi telah disambut dan diterima dengan baik oleh pimpinan FITK UIN Jakarta.
“Pertama kami ingin mengucapkan terima kasih sudah disambut dan diterima dengan baik oleh keluarga besar FITK UIN Jakarta. Sebagai adik (karena kami dari UIN Ar-Raniry) kami tentu merasa senang dan bahagia. Selanjutnya, kami ingin bersilatuarhim di sini. Untuk penyelenggaraan PPG maupun pelaksanaan UP PPG kami merasa yakin betul di FITK UIN Jakarta ini adalah ahlinya, bahkan kami yang belajar dari sini, ungkap Hazrullah.
“Bapak/Ibu pengawas, tugas kami sebagai penyelia adalah mengantisipasi pelaksanaan UP PPG agar tidak terjadi penyimpangan yang di luar SOP dari panitia nasional. Selain itu, kami juga akan mengawasi tugas dan fungsi pengawas ruangan, koordinator pengawas, dan peserta selama pelaksanaan UP ini. Kami juga ingin memastikan kesiapan dari ruang pengawas saat mengawasi ujian, perangkat IT yang digunakan, dan tentunya kami ingin memastikan jaringan selama ujian berlangsung aman dan tidak ada kendala,” tutup Kaprodi PPG FTK UIN Ar-Raniry ini.

Sejalan dengan rekannya, Dr. Siti Halimah, M.Pd. dari UINSU menyampaikan keyakinannya dengan kesiapan panitia FITK UIN Jakarta. “Kami selaku penyelia yakin kawan-kawan panitia dan pengelola PPG di sini sudah mempersiapkan dengan baik dan optimal,” ucapnya.
Selanjutnya, Halimah juga menyampaikan terima kasih sudah diterima dengan baik. Ia menyampaikan, di FITK UIN Jakarta orangnya baik dan ramah. “Di sini orangnya baik dan ramah-ramah.

Berikutnya, Dr. Muslim Razali, S.H., M.Ag. menjelaskan tugasnya sebagai penyelia.
“Bapak/Ibu, tugas kami sebabai penyelia adalah mengawasi para pengawas dan pelaksanaan UP dua hari ke depan. Selain itu kami juga bertugas untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan UP PPG di LPTK UIN Jakarta ini,” jelas Muslim Razali.
“Kami juga telah meminta panitia agar membuat grup WhatsApp yang isinya peserta, pengawas, dan panitia agar jika ada sesuatu trouble langsung bisa diberikan solusi dan diatasi dengan cepat,” tutup Dekan FTK UIN Ar-Raniry Aceh ini. (MusAm)