Gedung FITK, BERITA FITK Online— UIN Jakarta menganugerahkan UIN Award 2021 pada sejumlah figur yang dinilai mencatatkan prestasi di berbagai lini pengabdian sosial-profesional masing-masing. Anugerah ini diberikan untu menyemarakkan penyelenggaraan peringatan Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Rabu 22 Desember 2021.

Anugerah UIN Award 2021 sendiri diserahkan langsung Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dalam seminar internasional dan kegiatan penghargaan di Ruang Auditorium Utama, Rabu (22/12/2021). Selain para penerima, kegiatan sendiri dihadiri secara luring maupun daring oleh para tamu undangan dari berbagai lembaga.

“Dalam rangka mengapresiasi individu atas capaian prestasi kinerja yang diraih selama ini, UIN Jakarta menilai perlu menganugerahkan penghargaan UIN Award 2021 pada Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2021,” ujar Rektor Amany.

Penerima UIN Aaward 2021 sendiri terdiri dari 31 kategori penerima. Secara umum, ke-31 kategori ini terbagi ke dalam dua kelompok penerima, yakni individu dan lembaga. Kelompok individu terdiri dari figur tokoh hingga staf pendidik-tenaga kependidikan. Sedang lembaga terdiri dari fakultas dan biro di lingkungan UIN Jakarta.

Pada kelompok individu terpilih beberapa penerima penghargaan. Diantaranya, Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA sebagai Penerima Anugerah Perempuan Inspirasi Indonesia 2021, aktifis perempuan Lies Marcoes Natsir MA sebagai Wanita Inspiratif, peneliti Australia Profesor Minako Sakai untuk kategori Women Economic Empowerment, dan Prof. Dr. Azyumardi Azra sebagai Pewakaf Buku dan Beasiswa.

Rektor Amany dinilai berprestasi dengan kiprahnya dalam bidang keilmuan, keislaman, dan pengembangan perguruan tinggi Islam di Indonesia. Lies terpilih karena aktifitasnya dalam riset dan pengabdian sosial dalam isu-isu perempuan.

Selanjutnya, terpilih Dr. Sururin, M.Ag. dalam kategori Penggerak Profesi Guru, dr. Flori Ratna Sari Ph.D untuk kategori Dosen dengan H-Indeks Tertinggi Publikasi Terindeks SCOPUS, dr Hari Hendarto Ph.D untuk kategori Dosen Penggerak Aktif Satuan tugas Covid 19 UIN Jakarta.

Diketahui, Sururin merupakan dosen sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, sedang Flori merupakan dosen peneliti Fakultas Kedokteran yang produktif menulis artikel terindeks SCOPUS. Lalu, Hari sejak pandemi Covid 19 hadir di tanah air, ia dipercaya memimpin Satgas Covid 19 di lingkungan UIN Jakarta di tengah kesibukannya sebagai tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid 19 nasional.

Beberapa nama lain terpilih Maila Dinia Husni Rahiem Ph.D sebagai Dosen yang memiliki Publikasi Terbanyak di Jurnal Bereputasi 2021, Dr Rini untuk kategori Penemu Sistem Akuntansi Zakat, Prof. Dr. Euis Amalia sebagai Tokoh Ekonomi Syariah. Dr. Zahrotun Nihayah untuk Penggerak Konsultasi Psikologi Islam.

Maila merupakan Lektor Kepala Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang cukup produktif mempublikasikan artikel hasil risetnya. Lalu Rini tercatat aktif mendorong pengembangan sistem akuntansi pelaporan di berbagai lembaga zakat hingga tahun ini juga dianugerahi dari Kemenag RI.

“Saya sebagai pimpinan FITK mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua civitas akademika FITK atas kerja keras dan kinerjanya sehingga FITK memperoleh penghargaan baik dalam kategori individu maupun dalam kategori lembaga,” tulis Sururin dalam pesan singkatnya.

“Kami sangat mengapresiasi dosen-dosen FITK yang sangat produktif, antara lain Pak Didin, Kaprodi PBI dan Ibu Maila, direktur CoE yang pada kesempatan tersebut mendapatkan penghargaan khusus sebagai dosen yang memiliki publikasi terbanyak di jurnal bereputasi tahun 2021,” pungkas Sururin. (MusAm)