Profil Ketua dan Sekretaris Program Studi Doktor PAI
Profil Ketua dan Sekretaris Program Studi Doktor PAI

Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., adalah guru besar Bidang Pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini menjadi dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta sejak tahun 2014. Sebelumnya Mu’ti mengajar di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (1993-2014).

Jenjang pendidikan dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah Manafiul Ulum (Kudus, 1980), Madrasah Tsanawiyah Negeri (Kudus, 1983), Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Filial di Kudus (Kudus, 1986), Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo (Semarang, 1991), Pembibitan Calon Dosen IAIN (Jakarta, 2002-2003), School of Education, Flinders University of South Australia (Adelaide, 1997), Short Course on Governance and Shariah the University of Birmingham (Birmingham, UK, 2005), dan Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta, 2008). Tulisan dan karya Mu’ti dipresentasikan dalam berbagai forum ilmiah di dalam dan di luar negeri serta media massa nasional antara lain Kompas, Republika, Sindo, Suara Merdeka, Media Indonesia, The Jakarta Post, dan sebagainya.

Di antara buku yang ditulis adalah Deformalisasi Islam (Penerbit Grafindo khazanah ilmu, 2004), Kristen Muhamma- diyah: Konvergensi Muslim dan Kristen Dalam Pendidikan (al- Wasath Publishing House, 2009), Inkulturasi Islam (al-Wasath Publishing House, 2009), Pluralisme Positif: Konsep dan Implementasi Dalam Pendidikan Muhammadiyah (Majelis Pustaka Informasi PP Muhammadiyah, Universitas Muham- madiyah Jakarta, 2019-bersama Azaki Kairudin), Beragama yang mencerahkan: risalah pemikiran tanwir Muhammadiyah (Penerbit Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2019), Pendidikan agama Islam yang pluralistis: basis nilai dan arah pembaruan, (Penerbit Majelis Pustaka dan Informa- si PP Muhammadiyah, 2020), Shalat Jumat di tengah wabah Covid-19 (Al-Wasat Publishing House, 2020-bersama Ahmad Hasan Asy'ari Ulama'i), Ramadhan di tengah wabah Covid-19 (Al-Wasat Publishing House, 2020-bersama Ahmad Hasan Asy'ari Ulama'i), Tradisi Tadarus al-Quran (Al-Wasat Publis- hing House, 2020), Shalat tarawih di Tengah Wabah Covid-19 (Al-Wasat Publishing House, 2020).

Selain itu, Mu’ti juga menjadi editor dan kontribu- tor buku Islam in Indonesia: A to Z Basic Reference (CDCC, 2010), Bijak Bertindak: Mengambil Keputusan Berdasar Etika Agama, (al-Wasath Publishing House, 2016), Takziyah Mu- hammadiyah untuk KH. A. Hasyim Muzadi (Penerbit Media Baca Mandiri, 2017), Negara Pancasila Sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah (Al-Wasat Publishing House, 2018), Taawun Untuk Negeri: Transformasi al-Maun dalam Konteks Keindonesiaan, (Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah dan Muhammadiyah University Press: 2019), Beragama yang Mencerahkan, (Universitas Muhammadiyah Malang, Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah: 2019), dan Ber- agama dan Pendidikan yang Mencerahkan, (Uhamka Press: 2019), Mencari Negarawan, Edisi Revisi, (Penerbit: Suara Mu- hammadiyah, 2022). Selain posisinya sebagai sekretaris umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2015-2020), Mu’ti juga aktif bergelut dalam dunia pendidikan dan dialog antariman. Mu’ti pernah menjabat ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2019-2021, setelah sebelumnya menjabat ketua Ba- dan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) periode 2011-2017 dan anggota BAN-S/M periode 2006-2011.

Di level internasional, Mu’ti adalah anggota British Co- uncil Advisory Board 2006-2008, Indonesia-United King- dom Advisory Board (2007-2009), Executice Committee of Asian Conference of Religion for Peace (2010-2015), dan Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism (2016-Sekarang). Penerima penghargaan Australian Alumni Award (2008), Mu’ti aktif dalam berbagai forum dialog dan kerja sama antar iman di dalam dan di luar negeri.

 

Dr. H. Sapiudin Shidiq, M.Ag., lahir di kota Tangerang 28 Maret 1967. Bertempat tinggal di jalan Jambu no. 43 Rt. 004/06 Kp. Utan Cempaka Putih Ciputat Timur Tangerang Selatan Banten. Karier pendidikan dimulai dari SDN Buaran Asem dan sore harinya belajar agama di Madrasah Ibtidaiyah tahun 1975-1981. Kemudian melanjutkan nyantri di pesantren As-Syafi’iyah Jatiwaringin Bekasi, menyelesaikan jenjang pendidikan tingkat Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Pertama  secara bersamaan tahun 1981-1984. Kemudian masih di pesantren yang sama, menyelesaikan jenjang pendidikan Aliyah dan Sekolah Menengah Atas juga secara bersamaan pada tahun 1984-1987. Setelah itu  penulis melanjutkan kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Jakarta  (sekarang Universitas Islam Negeri)  megambil Jurusan Pendidikan Agama Islamn Fak. Tarbiyah tahun 1987-1991. Kemudian melanjutkan ke program Magister (S2) di Universitas yang sama mengambil konsentrasi Kajian Islam tahun 1997-1999  dan selanjutnya melanjutkan program doktor (S3) di Universitas Ibn Khaldun Bogor  konsentrasi Pendidikan Islam tahun 2010-2014, (lulusan terbaik dengan prediket cumlaude), dengan judul disertasi tentang “Model Pembelajaran Ushul Fikih Berbasis Masalah”

Riwayat pekerjaan, pernah mengajar di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta tahun 1993-1996 dan  menjadi dosen  di beberapa Perguruan Tinggi di antaranya  Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi tahun 1994-1996,  Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) tahun 1998-2000, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) Jakarta  tahun 2000-2005, menjabat sebagai sekretaris Jurusan PAI  FITK tahun 2005-2014, menjabat sebagai ketua program Magister MPAI (MPAI) tahun 2017-2020 dan sebagai ketua team borang pendirian Program S3 PAI FITK (2021).

Sejak tahun 1999 sampai sekarang sebagai dosen tetap di Universitas Islam Negeri (UIN) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan mulai tahun 2015 ditugaskan untuk mengajar di program S2 PAI FITK UIN Jakarta. Mata Kuliah yang diampu sebagai berikut: 1.Di Program MPAI (S2), mengajar mata kuliah  Seminar Proposal Tesis MPAI dan Fikih Muqarin. 2.2. Program S1 (PAI) mengajar mata kuliah:  Muqarin  Ushul Fiqh, Masail Fiqhiyah, Qawaid Fiqhiyah, Fikih Siyasah dan Jinayat, Fikih Ibadah Muamalah dan Ilmu Mantiqd Filsafat Hukum Islam.

Kegiatan Ilmiah Selama tiga tahun terakhir kegiatan Ilmiah yang pernah diikuti antara lain: 1.Sebagai team penilai buku-buku teks dan nonteks Puskurbuk (pusat kurikulum dan perbukuan) kemendikbud, sejak tahun 2015 sampai sekarang 2.Sebagai mudaqqid (penilai) buku-buku PAI PTU di lektur keagamaan Kemenag pusat tahun 2015 sampai sekaran. 3.Sebagai editor buku-buku Keislaman terbitan Arilangga  Jakarta sejak tahun 2020 sampai sekarang. 4.Sebagai narasumber dalam workshop yang diselenggarakan oleh MPAI taun 2020 dengan tema “Akselerasi Penulisan Tesis bagi Mahasiswa MPAI”, 5.Sebagai narasumber pada diskusi dosen yang diselenggarakan oleh FITK dengan judul “Aktualisasi Model Problem Based Leaning bidang Ushul Fikih Menuju Cita-Cita Pendidikan Islam (2020)”, 6.Sebagai narasumber dalam diskusi berkala yang dislenggarakan oleh jurusan PAI dengan tema  “Vaksinasi Covid-19 Kenapa Terjadi Polemik? (2021), 7.Sebagai narasumber dalam acara serambi Ramadhan dengan tema “Nuzul al-Qur’an”yang diselenggarakan oleh TVRI RI tahun 2021.

Sebagai dosen di MPAI, telah melakukan beberapa kegiatan Ilmiah berupa bimibingan tesis antara lain dengan judul sebagai berikut: 1.Model Pendidikan Mualaf (Studi Kasus: Pesantren Pembinaan Muallaf Yayasan an-Naba Center Indonesia), (2016), 2.Pembentukan Karakter Peserta Didikmelalui Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru PAI di SMA Negeri 66 Jakarta Selatan (2020) 3.Peranan Keluarga Sakinah terhadap Disiplin Salat Anak, (2020) 4.Urgensi Pembelajaran Ushul Fikih dalam Menanamkan sikap Moderat (2021), 5.Strategi Pembelajaran Fikih Berbasis Kitab Kuning, Fikih Moderat dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren (2021) 6.Penerapan Model Pengembangan Program Hifdzul Qur’an dalam Peningkatan Prestasi Belajar Santri di Pesantren Darun najah Jakarta 7.Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak al-Karimah Siswa melalui Ketaladanan Guru di MTsN I Bogor (2021).

Kegiatan rohani dan ilmiah  dalam bentuk kunjungan ke luar Negeri meliputi: 1.Saudi Arabiya (Mekka dan Madinah) dalam kegiatan ibadah umroh dan haji ( tahun 2011dan 2012). 2.Singapura, dalam kegiatan studi komparatif tahun 2017 3.Universitas Putra Malaysia  dalam kegiatan sebagai  pembimbing kegiatan Studi Komparatif mahasiswa MPAI tahun 2017,  ke Universitas Kebangsaan Malaysia sebagai pembimbing kegiatan studi komparatif dan sebagai narasumber (presentasi hasil penelitian) tentang “Model Pembeljaran Fikih Berbasis Iilmiah”,  tahun 2018, ke Sofa College Malaysia dalam kegiatan studi Komparatif, tahun 2019, 4.Yala Rajabath University Thailand, dalam kegiatan studi kompratif tahun 2017.

Karya Ilmiah yang telah dihasilkan berupa buku dengan judul sebagai berikut: 1.Menggali Hukum Islam, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007), 2.Penuntun Belajar Fiqih, (Jakara: Arya Duta, 2007), 3.Al-Qur’an Hadits, (Jakarta: Arya Duta, 2008), 4.Ushul Fiqh, (Jakarta: Prenada Media Group, 2010), 5.Fiqh Muamalat, (Jakarta: Prenada Media Group, 2010), 6.Fiqh Kontemporer (Jakarta: Prenada Media Group, 2016). 7.Studi Awal Perbandingan Mazhab dalam Fikih, (Jakarta: Prenada Media Group, 2021), 8.Pendidikan Propetik,  (Jakarta: RajaGrafindo 2021).

Hasil penelitian antara lain dengan judul-judul sebagai berikut: 1.Respon Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Jakarta:  Jurusan PAI FITK UIN Jakarta, (2009) 2.Respon Siswa Madarasah Aliyah Di Jakarta Tentang Terorisme, Jurusan PAI FITK UIN Jakarta, FITK UIN Jakarta 2012,(Jakarta, FITK UIN Jakarta 2010). 3.Masyarakat Belajar  (Perbandingan Pendidikan Barat Dengan Pendidikan Islam),  Pasca Sarjana S3 Universitas Ibnu Khaldun 2010, 4.Pesantren Mahasiswa: Potret Pembelajaran Di Pesantren Luhur Sabilussalam Ciputat: Jurnal Qiraah, 2013) 5.Pembelajaran Ushul Fiqh Berbasis Masalah (Jakarta: Jurnal Ahkam: terakreditasi, 2014), 6.Kritik Terhadap Pemikiran Abdullahi Ahmed An-Naim tentang Distorsi Syariah Terhadap HAM, Jurnal Ahkanm: terakreditasi 2016 7.Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Proceeding ICEM The 2nd Internasional Conference  On Education In Muslim Society, Faculty of Education and Teacher Training, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015, 8.Integrasi Keilmuan di Jurusan PAI (Proceding FITK UIN Jakarta, 2106) 9.Taksonomi Pendidikan Muzayyin Arifin, (Bunga Rampai FITK UIN Jakarta, FITK Press 2017), (Studi Kasus: Pesantren Pembinaan Muallaf Yayasan an-Naba Center Indonesia)(Penamas: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, Kemenag Balitbang Jakarta, 2018: jurnal bereputasi sinta 2), 10.Scientific Approach-Based Fikih Learning Model (Jurnal Tarbiya FITK UIN Jakarta 2019: jurnal bereputasi sinta 2) 11.Implementasi Metode Dalam Pengembangan  Multiple Inteligence Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. (Jurnal al-Qalam: Jurnal terakreditasi UIN Banten,2021: Jurnal bereputasi sinta 3) 12.The Influence of FIQH Science Learning In Improving Religious Understanding in The Midst of The Covid-19 Pandemic, (PalArch’s Journal of  Archaeology of Egypt/Egyptology 2021:  Jurnal Internasional bereputasi Q3)

(MusAm)