Program Magister FITK Gelar Workshop Penyusunan Buku Pedoman Penulisan Tesis
Gedung FITK, Berita FITK Online – Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Workshop Penyusunan Buku Pedoman Penulisan Tesis pada hari Rabu dan Kamis (22 – 23/2/2023) pada jam 08. 00 – selesai di Teater Prof. Dr. Mahmud Yunus lantai 3 fakultas.
“Adanya workshop untuk menyelaraskan eksistensi serta substansi dalam penulisan karya ilmiah, dan menyelaraskan check plagiarism,” ucap Dr. Muhbib selaku pemberi kata sambutan yang pertama. Kemudian, “Saya selalu menekankan kepada mahasiswa dalam bimbingan untuk selalu memperhatikan 3 hal, yaitu: logis, etis dan estetik. Yang dimaksud logis ini adalah Menulis karya ilmiah harus sesuai dengan teori yang benar secara logis, sedangkan etis dalam penulisan karya ilmiah harus sesuai dengan tata cara penulisan yang baik dan benar dan untuk estetik pada penulisan karya ilmiah ini apakah judul tersebut memadai atau tidak?,” ucap Wadek Bidang Administrasi Umum, Dr. Abdul Muin, M.Pd.
Penulisan karya ilmiah dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi adalah suatu kewajiban dan menjadi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana, Magister (S2). Dalam hal ini, Magister FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menganggap perlu untuk membuat panduan yang berfungsi sebagai acuan dasar bagi mahasiswa dalam penulisan tesis dan bagi dosen pembimbing dalam rangka bimbingan kepada mahasiswanya. Pedoman ini mengatur hal – hal yang bersifat pokok, baik substansi maupun teknis. Adapun hal – hal yang bersifat rinci diserahkan kepada mahasiswa dan dosen pembimbing, sehingga mereka dapat mengembangkannya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknis penulisan karya ilmiah.
Dengan demikian penyusunan panduan penulisan Tesis sangat penting untuk dilakukan agar kualitas Tesis semakin baik dan meningkat kualitasnya dan artikelnya dapat dipublikasikan di jurnal – jurnal yang terakreditasi dan bereputasi.
Desain Pedoman Penulisan Tesis Oleh Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd., UNJ Kalau kita berbicara pendidikan itu selalu regulasi.
- Regulasi sebagai Kebijakan
Landasan hukum menyusun kurikulum program studi memiliki 4 aspek yaitu:
- Pendidikan Tinggi UU No. 12 th 2012
- KKNI Perpres No.8 th 2012
- KKNI
- SN Dikti Permendikbud No. 3 Th 2020
- Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS Permendikbud No. 7 Th 2020
Kurikulum pendidikan tinggi memiliki 4 aspek:
Unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.
Pembelajaran perguruan tinggi di Magister harus berbasis research.
- University Value
Nilai-nilai perguruan tinggi. UIN memiliki nilai-nilai Islamic berupa bentuk capaian, bentuk kuliah yaitu hidden curriculum atau bentuk curriculum ciri khas fakultas.
- Perkembangan IPTEK
- Menjadikan lulusan yang harus bisa menjadi apapun, bukan hanya menjadi seorang guru. Seorang dosen wajib mendidik mahasiswa/I nya dengan 6 C for HOTS (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creative Thinking, Conceputional Topic, Comperrasion)
- Menyusun profile pendidikan yang membedakan antara S1 dan S2. Untuk menyusun profile prodi harus memahami terlebih dahulu akan profil prodi. Karena profile akan menjadi capaian pembelajaran. Profile yang baik itu paling tidak memunculkan 20 SKS dalam capaian pembelajaran.
Apa itu TESIS dan Artikel Ilmiah?
- Tesis : karya tulis ilmiah yang isinya memaparkan secara ilmiah yaitu logis dan sistematis suatu bahasan atau serangkaian gagasan yang merupakan hasil kajian berdasarkan fakta yang disampaikan secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Filsafat penelitian memiliki 3 hal, pra positivism, positivism, dan post positivism.
- Pra positivism: bagaimana dulu dengan jaman keterbatasan yang disajikan apa adanya. Ex: Peran Serta Mahasiswa Dalam Mengikuti Kegiatan Seminar. Yang nanti dideskripsikan apa adanya tanpa melebihkan, dan mengurangi atau disebut dengan deskriptif.
- Positivism: membelah 2 kedekatan pemikiran yaitu orang selalu angka disebut kuantitatif dan orang yang selalu kata-kata disebut kualitatif.
- Post postivisme: tidak lagi melihat pendekatan kualitatif dan kuantitatif, asalkan mencapai tujuan yaitu disebut dengan mix method atau RnD.
Ketika meneliti selalu terkait dengan pisau atau metodologi. Kualitatif umumnya pada bidang social, 25% sidang seminar, 70% berlama – lama di lapangan. Kuantitatif menguji teori yang ada, 75% sidang seminar dan 25% berlama – lama dalam menyusun. RnD proses yang panjang yang menghasilkan luaran, luaran berupa bentuk buku, dan HKI.
- Artikel Ilmiah: karya tulis yang dirancang untuk dimuat di jurnal atau buku kumpulan artikel, ditulis dengan tata cara ilmiah disesuaikan dengan konvensi ilmiah yang berlaku.
Tujuan Penulisan Tesis
- Menyeragamkan pokok – pokok penulisan tesis dan artikel ilmiah di Pascasarjana
- Menjadi pedoman bagi mahasiswa dalam menulis tesis dan artikel di Pascasarjana
- Menjadi pedoman bagi komisi pembimbing dalam mengarahkan penulisan tesis dan artikel ilmiah
- Menjadi pedoman bagi penguji di luar komisi pembimbing dalam ujian tesis.
Topic Penelitian Tesis
- Bidang keilmuan yang diambil oleh mahasiswa program Magister (S2)
- Roadmap penelitian program studi
- Penentuan topic penelitian tesis ditentukan berdasarkan peminatan mahasiswa sesuai lingkup bidang keilmuan program studi
- Ada persetujuan komisi pembimbing
Publikasi Ilmiah
- Peraturan Menteri Ristekdikti No. 50 Th 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Ristekdikti No. 44 Th 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa mahasiswa wajib memiliki publikasi ilmiah pada jurnal internasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi sebagai salah satu syarat kelulusan Program Magister/ Doktor.
- Perlu dibuatkan turunan dari kebijakan Menteri ini melalui Aturan mengenai publikasi dilingkungan Pascasarjana UIN mengacu pada Surat Edaran Dekan.
- Artikel yang dipublikasikann adalah karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing/ promotor yang diolah dari hasil penelitian tesis/ disertasi dan telah dinyatakan memenuhi standar kelayakan artikel ilmiah.
Dalam penulisan tesis pemahaman terhadap variable itu sangat penting. Inti dari penelitian yaitu memecahkan masalah. Membangun latar belakang dengan piramida terbalik, yaitu apa yang menjadi penyakit dari permasalahan tersebut. Koehesif dan koheren tiap paragraph. Paragraf yang baik terdiri 1 kalimat inti dan 3 kalimat penjelas.
Desain Pedoman Penulisan Tesis Oleh Dr. Kadir, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik KKNI : Level 8 dengan lulusan S2
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan seni didalam bidang keilmuannya atau praktek professional melalllui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, atau seni dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
- Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.
Metode ilmiah
Merumuskan masalah, melakukan studi literature, membuat hipotesis atau pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya akan dicari, mengumpulkan dan mengolah data serta menguji hipotesis dan membuat kesimpulan.
Siklus Proses Penelitian
- Identifikasi Masalah : menetapkan masalah, menjustifikasi masalah dan menyatakan pentingnya masalah
- Tinjauan Kepustakaan: menentukan sumber, menyeleksi sumber dan merangkum sumber.
- Penetapan Maksud Penelitian: identifikasi pernyataan maksud, mempersempit, menyusun pertanyaan atau hipotesis
- Pengumpulan Data: menyeleksi responden/ sampel, mendapat izin panel dan mengumpulkan data
- Analisis dan Interpretasi: menguraikan data, menyajikan data dan menjelaskan data.
- Pelaporan dan Evaluasi: menentukan audience, menstruktur laporan, dan menulis laporan
Workshop Penyusunan Buku Pedoman Penulisan Tesis Program Studi Magister dihadiri oleh Dekanat, Kaprodi, Sekprodi, seluruh Dosen FITK Magister, Guru di Pesantren Al – Munawwarah, Dosen UT, Dosen UI, Dosen UIN Banten, Dosen IB Ahmad Dahlan, Dosen Universitas Darun Najah, 12 perwakilan Mahasiswa Magister FITK setiap prodi dan 1 Mahasiswa Universitas Darun Najah. (Tim Magister FITK)

