Gedung FITK, BERITA FITK Online– Prestasi kembali ditorehkan oleh Sindy Indah Oktavia mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, kali ini Sindy berhasil menjadi best speaker dalam gelaran International Youth Exchange and Conference yang diselenggarakan (17/10/2022) di International Youth Centre, Malaysia.

Sindy merupakan utusan resmi delegasi UIN Jakarta (sesuai surat tugas yang diberikan Pihak Kemahasiswaan UIN Jakarta). Sebelumnya, ia menjadi juara 1 pada ajang ASEAN Young Climate Leaders Programme bertema “Green Conversations” yang digelar  ASEAN Foundation dan SAP SE (perusahaan perangkat lunak multinasional) pada 22 Mei-5 Juni 2022 yang lalu. Selain itu, Sindy juga aktif dalam kegiatan sosial, di antaranya ia menjadi volunteer pada relawan mengajar dan dalam kegiatan peace-building humanitarian development young leaders.

International Youth Exchange and Conference merupakan konferensi internasional untuk pemuda membahas konsep SDGs atau global goals dengan panelis dari ahli SDgs Malaysia, yaitu Mr. Marzuki (Head of The IYC) dan Ms. Sarifah Nurizah (CEO ASEAN Youth Network Resources). Sementara, peserta asal Indonesia berasal dari, mahasiswa UIN Jakarta, UI, IPB, ITB, UGM, UIN Malang, Dosen LSPR, Polygot 16 Bahasa dan lain-lain.

Diketahui, paper yang dibawakan oleh anak kedua dari tiga bersaudara ini fokus membahas peluang pemanfaatan pangan lokal dari Sumatera Barat, yaitu Dadih atau Dadiah untuk problematika stunting di Indonesia. Sindy juga menggunakan pakaian adat berupa alat penutup kepala khas Minangkabau, sebagai bentuk representatif Indonesia.

“Saya menyukai kegiatan konferensi ilmiah lintas negara, keberagaman perspektif dan pengalaman lokal dari peserta lain membuat sense of wonder dalam diri saya untuk belajar lebih keras lagi,” terang anak kedua dari pasangan Bapak Edy Sungkawa dan ibu Rosdiana Indah itu melalui saluran telepon.

Sementara itu, Sekprodi PAI, Drs. Rusdi Jamil, M.Ag. saat diwawancarai oleh kontributor FITK menyampaikan selamat atas pencapaian prestasi yang telah diraih oleh mahasiswanya,  ia juga berharap prestasi yang diraih mahasiswanya itu menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lainnya.

”Saya sebagai Sekprodi PAI mewakili keluarga besar Prodi Pendidikan Agama Islam mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Sindy Indah Oktavia. Prodi PAI bangga terhadap prestasi yang ke sekian kalinya diraih Sindy. Semoga prestasi dari mahasiswa lainnya untuk tingkal lokal, regional, nasional, bahkan internasional bisa semakin bertambah,” pungkas pria kelahiran Solok, Sumatera Barat itu. (MusAm)