Prodi PIAUD UIN Jakarta Selenggarakan Guest Lecture tentang Penggunaan Multimedia Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Anak Usia Dini
Prodi PIAUD UIN Jakarta Selenggarakan Guest Lecture tentang Penggunaan Multimedia Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Anak Usia Dini

WhatsApp Image 2024-10-04 at 14.28.28

BERITA FITK Online- Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sukses menyelenggarakan Guest Lecture dengan tema Penggunaan Multimedia Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Anak Usia Dini. Acara yang berlangsung pada Jumat (3/11) secara daring ini menghadirkan narasumber Rizka Ayu Ardani, M.Pd, dosen UIN Walisongo Semarang sekaligus pengembang media pembelajaran Edutainment Game Mathventure.

Dalam pemaparannya, Rizka Ayu Ardani menjelaskan secara mendalam mengenai pentingnya penggunaan multimedia dalam pembelajaran anak usia dini, terutama dengan mempertimbangkan teori Cognitive Load. Teori ini berfokus pada bagaimana informasi disampaikan dengan cara yang tidak membebani kapasitas kognitif anak-anak. Rizka menekankan bahwa anak usia dini memiliki keterbatasan daya ingat dan kemampuan memproses informasi yang kompleks, sehingga sangat penting bagi pendidik untuk menyajikan materi dengan cara yang tepat dan mudah dipahami.

Ia juga menyoroti bahwa multimedia, bila digunakan secara efektif, dapat menjadi alat pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan pemahaman anak. Namun, multimedia juga harus dirancang dengan mempertimbangkan beban kognitif siswa, sehingga tidak menimbulkan kebingungan atau kelebihan informasi yang bisa menghambat proses belajar. Rizka memaparkan bahwa salah satu tantangan utama dalam pendidikan anak usia dini adalah bagaimana merancang media pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses berpikir anak-anak tanpa membebani daya tangkap mereka.

Selain menjelaskan teori dasar, narasumber juga memberikan contoh penerapan Cognitive Load Theory dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia, seperti penggunaan gambar, animasi, dan permainan interaktif yang sesuai dengan kapasitas perkembangan anak. Ia mencontohkan bagaimana penyederhanaan informasi melalui ilustrasi dan permainan dapat membantu anak usia dini dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti bentuk dan ukuran.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa PIAUD UIN Jakarta ini berlangsung secara interaktif, di mana peserta diajak untuk berpartisipasi aktif melalui sesi tanya jawab. Para mahasiswa memperoleh wawasan baru tentang bagaimana mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam memanfaatkan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran.

Guest Lecture ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan akademik yang bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa PIAUD dalam mendesain pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan psikologi belajar anak usia dini. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Cognitive Load Theory, diharapkan mahasiswa mampu merancang metode pengajaran yang lebih efektif dan inovatif di masa mendatang.