SM/SPMI-01 - Standar Pendidikan
No. Kode Indikator
-
IND-1 Rata-rata masa studi (MS) lulusan dalam 3 tahun terakhir
-
IND-4 Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan dalam 3 tahun terakhir
-
IND-7 Persentase lulusan tepat waktu (PTW)
-
IND-9 Persentase keberhasilan studi (PPS) / Tidak DO
-
IND-11 Rata-rata skor TOEFL institusional lulusan
-
IND-12 Rata-rata skor TOAFL institusional lulusan
-
IND-17 Rata-rata waktu tunggu (WT) lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama yang relevan dengan bidang studi dalam 3 tahun
-
IND-19 Kesesuaian bidang kerja lulusan saat mendapatkan pekerjaan pertama dengan bidang studi (PBS) dalam 3 tahun
-
IND-20 Memiliki tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan di tingkat Internasional, Nasional dan lokal/wilayah dalam 3 tahun
-
IND-21 Memiliki Tracer Study yang mencakup 5 aspek, yaitu 1) Tracer study terkoordinasi di tingkat PT, 2) Dilakukan secara berkala setiap tahun, 3) Pertanyaan mencakup pertanyaan inti racer study DIKTI, 4)
-
IND-22 Memiliki survey tingkat kepuasan pengguna lulusan (TK) terhadap 7 aspek yaitu 1) Etika, 2) Keahlian pada bidang ilmu, 3) Kemampuan berbahasa asing, 4) Penggunaan teknologi informasi, 5) Kemampuan berkomunikasi, 6) Kerjasama tim, 7) Pengembangan diri.
-
IND-23 Memiliki prestasi akademik mahasiswa di tingkat Internasional, Nasional dan Lokal/Wilayah
-
IND-24 Memiliki prestasi non akademik mahasiswa di tingkat Internasional, Nasional dan Lokal/Wilayah dalam 5 tahun terakhir
-
IND-25 Persentase pemahaman lulusan mengenai integrasi keislaman, keilmuan dan keindonesiaan (LI)
-
IND-26 Memiliki keterampilan tambahan (SKPI)
-
IND-27 Memiliki dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru yang mengacu pada kebijakan universitas, mencakup 5 aspek, yaitu: (1). Kebijakan penerimaan mahasiswa baru; (2). Kriteria penerimaan mahasiswa baru; (3). Prosedur penerimaan mahasiswa baru; (4). Instrumen penerimaan mahasiswa baru; dan (5). Sistem pengambilan keputusan.
-
IND-28 Memiliki kebijakan daya tampung mahasiswa yang akan diterima setiap tahun
-
IND-29 Rasio jumlah pendaftar terhadap jumlah mahasiswa baru (RJP) 5 tahun terakhir
-
IND-30 Persentase jumlah mahasiswa asing terhadap jumlah seluruh mahasiswa (PJMA) 3 tahun terakhir
-
IND-33 Memiliki kebijakan peningkatan animo calon mahasiswa
-
IND-34 Penyusunan dan peninjauan kurikulum melibatkan pemangku kepentingan dan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan
-
IND-35 Memiliki profil lulusan sesuai visi, misi Program Studi
-
IND-36 Memiliki dokumen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
-
IND-37 Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 6
-
IND-40 Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran yang digambarkan dalam peta kompetensi
-
IND-41 Seluruh mata kuliah (kuliah dan praktikum) dilengkapi dengan RPS
-
IND-42 Pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik atau praktik lapangan (PJP)
-
IND-43 Memiliki pedoman Pembimbing Akademik (PA)
-
29 IND-44 Memiliki mekanisme penunjukkan dosen pembimbing akademik
-
30 IND-45 Melakukan survey kepuasan layanan pembimbing tugas akhir berupa 4 aspek, yaitu instrumen, hasil pelaksanaan, sosialisasi hasil dan tindak lanjutnya.
-
IND-46 Rata-rata jumlah pertemuan mahasiswa per dosen pembimbing akademik (DPA) per semester
-
IND-47 Memiliki pedoman pembimbing tugas akhir yang selalu di mutakhirkan
-
IND-48 Memiliki mekanisme penunjukan dosen pambimbing tugas akhir
-
IND-49 Melakukan survey kepuasan layanan pembimbing akademik (PA) berupa 4 aspek, yaitu instrumen,
-
IND-50 Rata-rata jumlah pertemuan/bimbingan selama penyelesaian tugas akhir (JPTA)
-
IND-51 Rata-rata penyelesaian tugas akhir mahasiswa (RPTA)
-
IND-52 Memiliki dokumen kebijakan peningkatan suasana akademik
-
IND-53 Memiliki kegiatan peningkatan suasana akademik (PSA) seperti seminar, simposium, lokakarya, atau bedah buku dan lain-lain yang terjadwal
-
IND-54 Memiliki mekanisme pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
-
IND-55 Memiliki bahan ajar (handout/modul/penuntun praktikum) dilengkapi dengan referensi yang mutakhir dan sesuai dengan RPS
-
IND-56 Jumlah matakuliah yang diintegrasikan dengan hasil penelitian dan PkM
-
IND-57 Rata-rata jumlah mahasiswa per kelas (RJMK)
-
IND-58 Persentase jumlah dosen yang mengikuti pelatihan blended learning terhadap jumlah seluruh dosen(PBL)
-
IND-59 Persentase mata kuliah yang diselenggarakan dengan sistem e-learning (blended system) terhadap seluruh mata kuliah (PMKE)
-
IND-60 Persentase jumlah mata kuliah yang menggunakan teknik penilaian berupa pemberian tugas terhadap seluruh mata kuliah (PTPT)
-
IND-61 Memiliki mekanisme review soal ujian melalui komisi ahli dan sesuai dengan RPS
-
IND-62 Persentase kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran (EDOM)
-
IND-63 Memiliki mekanisme perbaikan nilai terhadap hasil penilaian
-
IND-64 Persentase jumlah DTPS yang memberikan umpan balik (feedback) penilaian terhadap mahasiswa terhadap seluruh DTPS (PDUB)
-
IND-65 Memiliki pedoman yang lengkap mencakup: rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan
-
IND-66 Persentase jumlah DTPS dengan pendidikan S3 terhadap jumlah DTPS
-
IND-67 Jumlah dosen tetap program studi (DTPS)
-
IND-68 Persentase jumlah DTPS dengan jabatan akademik Guru Besar/Lektor Kepala terhadap jumlah DTPS (PGBLK)
-
IND-69 Persentase jumlah DTPS yang memiliki sertifikat pendidik profesional terhadap jumlah DTPS (PSPP)
-
IND-70 Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap jumlah DTPS (PDTT)
-
IND-71 Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah DTPS (RMD) (Kelompok sains dan teknologi)
-
IND-72 Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah DTPS( RMD) (Kelompok sosial humaniora)
-
IND-73 DTPS yang mendapat pengakuan atas prestasi/kinerja (RRD)
-
IND-74 Tersedia kebijakan dan pedoman Beban Kerja Dosen (BKD) serta pelaksanaannya secara konsisten
-
IND-75 Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) DTPS
-
IND-76 Persentase jumlah pembimbing utama yang membimbing <= 10 mahasiswa terhadap jumlah seluruh pembimbing utama (PDPU)
-
IND-77 Persentase jumlah tenaga Kependidikan yang memiliki kualifikasi akademik paling rendah lulusan
-
IND-78 Persentase jumlah tenaga pustakawan dengan latar belakang pendidikan yang sesuai di tingkat program diploma 3 (tiga) yang dinyatakan dengan ijazah terhadap jumlah seluruh tenaga kependidikan (KTK) universitas dan fakultas terhadap jumlah seluruh tenaga pustakawan (TP)
-
IND-79 Persentase tenaga kependidikan yang memerlukan keahlian khusus wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang tugas dan keahliannya (TKSK)
-
IND-80 Memiliki perencanaan dan program pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan (melalui pemberian kesempatan belajar/pelatihan, pemberian fasilitas, dan jenjang karir).
-
IND-81 Tersedia Kebijakan dan pedoman Laporan Kinerja Pegawai (LKP)
-
IND-82 Memiliki mekanisme penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
-
IND-83 Tersedia pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
-
IND-84 Tersedia sarana yang memfasilitasi bagi disabilitas minimal 4 sarana yaitu Toilet, Lift, Tangga jalan dan Sarana Belajar
-
IND-85 Persentase ruang kerja yang dimiliki dosen minimal 4 m2 (RKD)
-
IND-86 Jumlah jurnal ilmiah terakreditasi nasional yang sesuai bidang dengan nomor lengkap 3 tahun terakhir (cetak/elektronik) (JAN)
-
IND-87 Jumlah jurnal ilmiah internasional yang sesuai bidang dengan nomor lengkap 3 tahun terakhir(cetak/elektronik) (JAI)
-
IND-88 Jumlah prosiding seminar yang sesuai bidang (JP)
-
IND-89 Prodi memiliki akses yang mudah ke perpustakaan di luar perguruan tinggi secara online dan offline
-
IND-90 Setiap kelas yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan dilengkapi dengan sarana belajar yang mencukupi 5 fasilitas yaitu LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi
-
IND-91 Setiap ruangan yang digunakan untuk kegiatan praktikum/penelitian tugas akhir dilengkapi dengan sarana praktikum yang mencukupi, bermutu baik dan dapat digunakan setiap hari yang mencakup 6 sarana yaitu Modul, LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi
-
IND-92 Memiliki ruang presentasi hasil penelitian yang dilengkapi dengan sarana (ruang multimedia) yang mencukupi 5 sarana yaitu LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi
-
IND-93 Kapasitas akses internet minimal 4 Mbps per mahasiswa (KI)
-
IND-94 Ketersediaan sarana e-learning yang didukung oleh piranti keras, piranti lunak dan manual yang memadai dan dapat dioperasikan, serta dipelihara secara layak.
-
IND-95 Terdapat hasil kerjasama bidang pendidikan tingkat internasional, nasional dan wilayah/lokal yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir (RI)
-
IND-96 Program studi memiliki mekanisme monitoring dan evaluasi pembelajaran meliputi 3 aspek yaitu Kehadiran dosen, kesesuaian materi dengan RPS dan kedisiplinan
-
IND-97 Program studi melaporkan hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran secara periodik yang dapat diakses oleh pihak internal atau eksternal dan ditindak lanjuti
-
IND-98 Program studi terlibat dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan program pendidikan sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat berbasis IKU
-
IND-99 Rata-rata dana operasional pendidikan/mahasiswa/tahun dalam 3 tahun terakhir (DOP)