SM/SPMI-01 - Standar Pendidikan
SM/SPMI-01 - Standar Pendidikan

 

Siqa

No. Kode Indikator

  1. IND-1 Rata-rata masa studi (MS) lulusan dalam 3 tahun terakhir

  2. IND-4 Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan dalam 3 tahun terakhir

  3. IND-7 Persentase lulusan tepat waktu (PTW)

  4. IND-9 Persentase keberhasilan studi (PPS) / Tidak DO

  5. IND-11 Rata-rata skor TOEFL institusional lulusan

  6. IND-12 Rata-rata skor TOAFL institusional lulusan

  7. IND-17 Rata-rata waktu tunggu (WT) lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama yang relevan dengan bidang studi dalam 3 tahun

  8. IND-19 Kesesuaian bidang kerja lulusan saat mendapatkan pekerjaan pertama dengan bidang studi (PBS) dalam 3 tahun

  9. IND-20 Memiliki tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan di tingkat Internasional, Nasional dan lokal/wilayah dalam 3 tahun

  10. IND-21 Memiliki Tracer Study yang mencakup 5 aspek, yaitu 1) Tracer study terkoordinasi di tingkat PT, 2) Dilakukan secara berkala setiap tahun, 3) Pertanyaan mencakup pertanyaan inti racer study DIKTI, 4)

  11. IND-22 Memiliki survey tingkat kepuasan pengguna lulusan (TK) terhadap 7 aspek yaitu 1) Etika, 2) Keahlian pada bidang ilmu, 3) Kemampuan berbahasa asing, 4) Penggunaan teknologi informasi, 5) Kemampuan berkomunikasi, 6) Kerjasama tim, 7) Pengembangan diri.

  12. IND-23 Memiliki prestasi akademik mahasiswa di tingkat Internasional, Nasional dan Lokal/Wilayah

  13. IND-24 Memiliki prestasi non akademik mahasiswa di tingkat Internasional, Nasional dan Lokal/Wilayah dalam 5 tahun terakhir

  14. IND-25 Persentase pemahaman lulusan mengenai integrasi keislaman, keilmuan dan keindonesiaan (LI)

  15. IND-26 Memiliki keterampilan tambahan (SKPI)

  16. IND-27 Memiliki dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru yang mengacu pada kebijakan universitas, mencakup 5 aspek, yaitu: (1). Kebijakan penerimaan mahasiswa baru; (2). Kriteria penerimaan mahasiswa baru; (3). Prosedur penerimaan mahasiswa baru; (4). Instrumen penerimaan mahasiswa baru; dan (5). Sistem pengambilan keputusan.

  17. IND-28 Memiliki kebijakan daya tampung mahasiswa yang akan diterima setiap tahun

  18. IND-29 Rasio jumlah pendaftar terhadap jumlah mahasiswa baru (RJP) 5 tahun terakhir

  19. IND-30 Persentase jumlah mahasiswa asing terhadap jumlah seluruh mahasiswa (PJMA) 3 tahun terakhir

  20. IND-33 Memiliki kebijakan peningkatan animo calon mahasiswa

  21. IND-34 Penyusunan dan peninjauan kurikulum melibatkan pemangku kepentingan dan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan

  22. IND-35 Memiliki profil lulusan sesuai visi, misi Program Studi

  23. IND-36 Memiliki dokumen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

  24. IND-37 Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 6

  25. IND-40 Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran yang digambarkan dalam peta kompetensi

  26. IND-41 Seluruh mata kuliah (kuliah dan praktikum) dilengkapi dengan RPS

  27. IND-42 Pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik atau praktik lapangan (PJP)

  28. IND-43 Memiliki pedoman Pembimbing Akademik (PA)

  29. 29 IND-44 Memiliki mekanisme penunjukkan dosen pembimbing akademik

  30. 30 IND-45 Melakukan survey kepuasan layanan pembimbing tugas akhir berupa 4 aspek, yaitu instrumen, hasil pelaksanaan, sosialisasi hasil dan tindak lanjutnya.

  31. IND-46 Rata-rata jumlah pertemuan mahasiswa per dosen pembimbing akademik (DPA) per semester

  32. IND-47 Memiliki pedoman pembimbing tugas akhir yang selalu di mutakhirkan

  33. IND-48 Memiliki mekanisme penunjukan dosen pambimbing tugas akhir

  34. IND-49 Melakukan survey kepuasan layanan pembimbing akademik (PA) berupa 4 aspek, yaitu instrumen,

  35. IND-50 Rata-rata jumlah pertemuan/bimbingan selama penyelesaian tugas akhir (JPTA)

  36. IND-51 Rata-rata penyelesaian tugas akhir mahasiswa (RPTA)

  37. IND-52 Memiliki dokumen kebijakan peningkatan suasana akademik

  38. IND-53 Memiliki kegiatan peningkatan suasana akademik (PSA) seperti seminar, simposium, lokakarya, atau bedah buku dan lain-lain yang terjadwal

  39. IND-54 Memiliki mekanisme pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

  40. IND-55 Memiliki bahan ajar (handout/modul/penuntun praktikum) dilengkapi dengan referensi yang mutakhir dan sesuai dengan RPS

  41. IND-56 Jumlah matakuliah yang diintegrasikan dengan hasil penelitian dan PkM

  42. IND-57 Rata-rata jumlah mahasiswa per kelas (RJMK)

  43. IND-58 Persentase jumlah dosen yang mengikuti pelatihan blended learning terhadap jumlah seluruh dosen(PBL)

  44. IND-59 Persentase mata kuliah yang diselenggarakan dengan sistem e-learning (blended system) terhadap seluruh mata kuliah (PMKE)

  45. IND-60 Persentase jumlah mata kuliah yang menggunakan teknik penilaian berupa pemberian tugas terhadap seluruh mata kuliah (PTPT)

  46. IND-61 Memiliki mekanisme review soal ujian melalui komisi ahli dan sesuai dengan RPS

  47. IND-62 Persentase kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran (EDOM)

  48. IND-63 Memiliki mekanisme perbaikan nilai terhadap hasil penilaian

  49. IND-64 Persentase jumlah DTPS yang memberikan umpan balik (feedback) penilaian terhadap mahasiswa terhadap seluruh DTPS (PDUB)

  50. IND-65 Memiliki pedoman yang lengkap mencakup: rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan

  51. IND-66 Persentase jumlah DTPS dengan pendidikan S3 terhadap jumlah DTPS

  52. IND-67 Jumlah dosen tetap program studi (DTPS)

  53. IND-68 Persentase jumlah DTPS dengan jabatan akademik Guru Besar/Lektor Kepala terhadap jumlah DTPS (PGBLK)

  54. IND-69 Persentase jumlah DTPS yang memiliki sertifikat pendidik profesional terhadap jumlah DTPS (PSPP)

  55. IND-70 Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap jumlah DTPS (PDTT)

  56. IND-71 Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah DTPS (RMD) (Kelompok sains dan teknologi)

  57. IND-72 Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah DTPS( RMD) (Kelompok sosial humaniora)

  58. IND-73 DTPS yang mendapat pengakuan atas prestasi/kinerja (RRD)

  59. IND-74 Tersedia kebijakan dan pedoman Beban Kerja Dosen (BKD) serta pelaksanaannya secara konsisten

  60. IND-75 Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) DTPS

  61. IND-76 Persentase jumlah pembimbing utama yang membimbing <= 10 mahasiswa terhadap jumlah seluruh pembimbing utama (PDPU)

  62. IND-77 Persentase jumlah tenaga Kependidikan yang memiliki kualifikasi akademik paling rendah lulusan

  63. IND-78 Persentase jumlah tenaga pustakawan dengan latar belakang pendidikan yang sesuai di tingkat program diploma 3 (tiga) yang dinyatakan dengan ijazah terhadap jumlah seluruh tenaga kependidikan (KTK) universitas dan fakultas terhadap jumlah seluruh tenaga pustakawan (TP)

  64. IND-79 Persentase tenaga kependidikan yang memerlukan keahlian khusus wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang tugas dan keahliannya (TKSK)

  65. IND-80 Memiliki perencanaan dan program pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan (melalui pemberian kesempatan belajar/pelatihan, pemberian fasilitas, dan jenjang karir).

  66. IND-81 Tersedia Kebijakan dan pedoman Laporan Kinerja Pegawai (LKP)

  67. IND-82 Memiliki mekanisme penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran

  68. IND-83 Tersedia pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

  69. IND-84 Tersedia sarana yang memfasilitasi bagi disabilitas minimal 4 sarana yaitu Toilet, Lift, Tangga jalan dan Sarana Belajar

  70. IND-85 Persentase ruang kerja yang dimiliki dosen minimal 4 m2 (RKD)

  71. IND-86 Jumlah jurnal ilmiah terakreditasi nasional yang sesuai bidang dengan nomor lengkap 3 tahun terakhir (cetak/elektronik) (JAN)

  72. IND-87 Jumlah jurnal ilmiah internasional yang sesuai bidang dengan nomor lengkap 3 tahun terakhir(cetak/elektronik) (JAI)

  73. IND-88 Jumlah prosiding seminar yang sesuai bidang (JP)

  74. IND-89 Prodi memiliki akses yang mudah ke perpustakaan di luar perguruan tinggi secara online dan offline

  75. IND-90 Setiap kelas yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan dilengkapi dengan sarana belajar yang mencukupi 5 fasilitas yaitu LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi

  76. IND-91 Setiap ruangan yang digunakan untuk kegiatan praktikum/penelitian tugas akhir dilengkapi dengan sarana praktikum yang mencukupi, bermutu baik dan dapat digunakan setiap hari yang mencakup 6 sarana yaitu Modul, LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi

  77. IND-92 Memiliki ruang presentasi hasil penelitian yang dilengkapi dengan sarana (ruang multimedia) yang mencukupi 5 sarana yaitu LCD, laptop, AC, sound system, dan internet/Wifi

  78. IND-93 Kapasitas akses internet minimal 4 Mbps per mahasiswa (KI)

  79. IND-94 Ketersediaan sarana e-learning yang didukung oleh piranti keras, piranti lunak dan manual yang memadai dan dapat dioperasikan, serta dipelihara secara layak.

  80. IND-95 Terdapat hasil kerjasama bidang pendidikan tingkat internasional, nasional dan wilayah/lokal yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir (RI)

  81. IND-96 Program studi memiliki mekanisme monitoring dan evaluasi pembelajaran meliputi 3 aspek yaitu Kehadiran dosen, kesesuaian materi dengan RPS dan kedisiplinan

  82. IND-97 Program studi melaporkan hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran secara periodik yang dapat diakses oleh pihak internal atau eksternal dan ditindak lanjuti

  83. IND-98 Program studi terlibat dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan program pendidikan sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat berbasis IKU

  84. IND-99 Rata-rata dana operasional pendidikan/mahasiswa/tahun dalam 3 tahun terakhir (DOP)