Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi yang Harus Menjadi Perhatian Guru Profesional
Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi yang Harus Menjadi Perhatian Guru Profesional

Dekan Siti Nurul Azkiyah: Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi yang Harus Menjadi Perhatian Guru Profesional

Auditorium Harun Nasution, BERITA FITK Online– Sebanyak 340 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Madrasah dalam Jabatan (Daljab) Batch 2 Kategori 1 Tahun 2023 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti Pengukuhan Guru Profesional pada Minggu, (21/1/2024) bertempat di Auditorium Harun Nasution, Ciputat, Tangerang Selatan.

ppg uin jakarta (1)Pada acara pengukuhan tersebut, Dekan Siti Nurul Azkiyah memberikan sambutan yang menggarisbawahi pentingnya adaptasi para guru terhadap pesatnya perkembangan teknologi. Siti Nurul Azkiyah menjelaskan bahwa era Society 5.0, di mana masyarakat hidup di tengah-tengah transformasi digital, menempatkan tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan.

Dalam sambutannya, Dekan Siti Nurul Azkiyah menekankan perlunya para guru untuk menjadi agen perubahan yang mampu beradaptasi dengan teknologi. Menurutnya, guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai tutor dan model yang dapat menginspirasi peserta didik. "Di pundak Bapak-Ibu lah kami berharap peserta didik bisa tumbuh, dibina dan bisa mendapatkan proses pembelajaran dengan maksimal sehingga mereka bisa mengisi dan membangun Indonesia emas tahun 2045," ujarnya dengan penuh semangat.

Namun, di tengah pujian terhadap kemajuan teknologi, Dekan Siti Nurul Azkiyah tidak lupa mengingatkan akan dampak negatif yang bisa muncul. Ia menyadari bahwa teknologi dapat disalahgunakan oleh peserta didik, dan inilah mengapa peran sentral guru menjadi sangat penting. Menurutnya, guru harus aktif memberikan edukasi dan pembinaan kepada peserta didik agar mereka menggunakan teknologi dengan bijak.

ppg uin jakarta (8)"Saat peserta didik memiliki akses yang lebih besar terhadap teknologi, kami sadar ada potensi penyalahgunaan. Oleh karena itu, di situlah peran sentral guru untuk menyampaikan edukasi dan pembinaan kepada peserta didik," tegas Dekan Siti Nurul Azkiyah.

Ia menekankan perlunya menciptakan lingkungan pembelajaran yang seimbang antara teknologi dan nilai-nilai moral agar peserta didik tidak hanya menjadi mahir secara teknologi, tetapi juga berkarakter dan bertanggung jawab.

Dengan sambutan ini, Dekan Siti Nurul Azkiyah mengingatkan para guru PAI dan Madrasah untuk terus mengasah kompetensi mereka, tidak hanya dalam hal akademis tetapi juga dalam pemahaman teknologi dan penerapannya secara positif dalam proses pembelajaran. (MusAm)