S3 Doktor Pendidikan Agama Islam
Program Doktor Pendidikan Agama Islam bertujuan mencetak lulusan yang unggul, berkompeten, dan profesional dengan fokus pada perkembangan pendidikan secara profesional. Terdapat empat kompetensi utama yang menjadi inti program ini. Pertama, kompetensi pedagogik yang meliputi pemahaman mendalam tentang karakteristik peserta didik dalam konteks agama Islam, penguasaan teori pembelajaran agama Islam, pengembangan kurikulum agama Islam yang relevan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran agama Islam, pelaksanaan evaluasi pembelajaran agama Islam, serta kemampuan refleksi untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran agama Islam. Kedua, kompetensi kepribadian yang mencakup etos kerja yang produktif dan penghormatan terhadap kode etik profesi dalam pengajaran agama Islam. Ketiga, kompetensi sosial yang melibatkan sikap inklusif, objektif, empatik, serta kemampuan berkomunikasi efektif dalam menjalankan tugas keguruan di bidang agama Islam. Keempat, kompetensi profesional yang mencakup pemahaman mendalam tentang ilmu agama Islam, kemampuan mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dan inovatif, serta upaya berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme dalam pengajaran agama Islam yang selaras dengan perkembangan pendidikan dan tuntutan zaman.
Visi Program Studi adalah menjadikan Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu agama Islam. Visi ini diwujudkan dengan mengintegrasikan keilmuan agama Islam, nilai-nilai Islam, dan penerapan konsep pendidikan yang relevan dan berkembang.
Misi program mencakup beberapa langkah strategis, termasuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran agama Islam dengan pendekatan research-based learning, pendekatan pemecahan masalah, dan pembelajaran kontekstual untuk menjamin mutu dan relevansi program. Selain itu, program ini berfokus pada penelitian yang relevan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan agama Islam, mengembangkan komitmen dan budaya akademik, serta menjalin pengabdian, jejaring, dan kemitraan dengan berbagai lembaga, baik nasional maupun internasional. Evaluasi berkelanjutan juga menjadi bagian integral dari misi ini untuk menjawab kebutuhan pemangku kepentingan dan menjaga kesesuaian program dengan perkembangan pendidikan secara profesional pada tingkat doktoral.
Kompetensi Program Studi mencakup unsur keimanan dan ketakwaan, pemahaman mendalam tentang teori pendidikan agama Islam, keterampilan dalam mengembangkan metodologi pembelajaran yang inovatif, apresiasi terhadap karya dalam bidang pendidikan agama Islam, kemampuan mengembangkan pembelajaran agama Islam yang relevan dengan tuntutan zaman, dan kemampuan untuk menghasilkan karya yang inovatif serta bersaing secara global dalam ranah pendidikan agama Islam. Dengan demikian, Program Doktor Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia pendidikan dengan keunggulan dalam berbagai aspek keilmuan, profesi, dan karakter pribadi, sejalan dengan perkembangan pendidikan secara profesional pada tingkat doktor.
C
|
PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
|
||
No
|
NIDN/NIDK
|
Nama Dosen
|
NIP
|
1
|
2002085401
|
Prof. Dr. Abuddin, M.A.
|
19540802 198503 1 002
|
2
|
2007075402
|
Prof. Dr. H. M. Suparta, M.A.
|
19540707 198402 1 001
|
3
|
2019015601
|
Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag.
|
19560119 198603 1 003
|
4
|
2005105701
|
Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A.
|
19571005 198703 1 003
|
5
|
2028036701
|
Dr. Sapiudin, M.Ag.
|
19670328 200003 1 001
|
6
|
2002096801
|
Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed.
|
19680902 199311 1 001
|
7
|
2004077201
|
Muhammad Zuhdi, M.Ed., Ph.D.
|
19720704 199703 1 002
|
- AUN-QA 2022
Laboratorium
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.
Perpustakaan
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.