S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris memiliki tujuan yang jelas, yaitu menciptakan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional. Lulusan dari program ini diharapkan memiliki kompetensi-kompetensi berikut: Kompetensi Pedagogik, di mana mereka mampu menguasai karakteristik peserta didik, memahami teori belajar, merancang kurikulum, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, lulusan memiliki Kompetensi Kepribadian, yang mencakup etos kerja yang produktif dan penghargaan terhadap kode etik profesi guru di bidang bahasa Inggris. Mereka juga diharapkan memiliki Kompetensi Sosial, yakni bersikap inklusif, objektif, empatik, dan mampu berkomunikasi efektif dalam melaksanakan tugas profesinya dalam bidang bahasa Inggris. Terakhir, Kompetensi Profesional adalah kemampuan dalam menguasai ilmu pengetahuan, mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dan inovatif, serta berupaya terus meningkatkan profesionalisme di bidang bahasa Inggris.
Visi:"Menjadi Program Studi Bahasa Inggris yang unggul, kompetitif, dan professional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu bahasa Inggris dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan"
Misi: Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dengan pendekatan research-based learning, problem-based learning, dan contextual teaching & learning untuk memastikan mutu pendidikan. Selain itu, program ini melaksanakan penelitian yang relevan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi. Program ini juga mendorong budaya akademik dan komitmen di antara seluruh civitas akademika, serta mengembangkan kerjasama dan jejaring dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga nasional dan internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris. Terakhir, program ini terus melakukan evaluasi berkala terhadap program studi bahasa Inggris agar dapat memenuhi kebutuhan stakeholder.
Kompetensi Program Studi: Kompetensi Program Studi mencakup: Keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, pemahaman yang komprehensif tentang teori pendidikan dalam bahasa Inggris, kemampuan untuk mengembangkan metodologi pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris, apresiasi terhadap karya dalam bidang pendidikan bahasa Inggris, keterampilan dalam pengembangan pembelajaran bahasa Inggris, dan kemampuan untuk menciptakan karya yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.
F
|
PROGRAM STUDI TADRIS (PENDIDIKAN) BAHASA INGGRIS
|
||
No
|
NIDN/NIDK
|
Nama Dosen
|
NIP
|
1
|
2012126401
|
Drs. Syauki, M.Pd.
|
19641212 199103 1 002
|
2
|
2005077201
|
Dr. Nida Husna HR., M.Pd.
|
19720705 200312 2 002
|
3
|
2027047202
|
Kustiwan, S.Ag., M.A., Ph.D.
|
19720420 199803 1 012
|
4
|
2025067301
|
Neneng Sunengsih, S.Pd., M.Pd.
|
19730625 199903 2 001
|
5
|
2023077401
|
Ismalianing Eviyuliwati, S.Pd., M.Hum.
|
19740723 200003 2 001
|
6
|
2007107601
|
Zaharil An'asy, S.Ag, M.Hum.
|
19761007 200710 1 002
|
7
|
2011087902
|
Ummi Kultsum, M.Pd., Ph.D.
|
19790811 200912 2 001
|
8
|
2030078001
|
Prof. Didin Nuruddin Hidayat, M.A., TESOL., Ph.D.
|
19800730 200912 1 001
|
9
|
2011108001
|
Yenny Rahmawati, M.Ed.
|
19801011 201503 2 003
|
10
|
2031108101
|
Teguh Khaerudin, M.App.Ling.
|
19811031 201101 1 006
|
11
|
2010048401
|
Atik Yuliani, M.A.
|
19840410 201503 2 003
|
12
|
2010068901
|
Viviana Lisma Lestari, M.Pd.
|
19890610 201903 2 017
|
13
|
2022114901
|
Dr. H. Atiq Susilo, MA.
|
Dosen Tetap Khusus BLU
|
14
|
2014068101
|
Dadan Nugraha, M.Pd.
|
Dosen Tetap BLU
|
15
|
2027128301
|
Desi Nahartini, M.Ed.
|
Dosen Tetap BLU
|
16
|
2015038601
|
Childa Faiza, M.Pd.
|
Dosen Tetap BLU
|
17
|
2015068804
|
Waliyadin, M.A.
|
Dosen Tetap BLU
|
18
|
2004039302
|
Agus Sufyan, M.App.Ling.
|
Dosen Tetap BLU
|
- AUN-QA 2022