images

S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini bertujuan mencetak lulusan yang unggul di bidang keguruan Anak Usia Dini. Mereka diharapkan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi pedagogik mencakup pemahaman tentang karakter peserta didik, teori belajar, pengembangan kurikulum, penggunaan teknologi informasi, evaluasi pembelajaran, dan refleksi. Kompetensi kepribadian menekankan etos kerja yang produktif dan kode etik guru. Kompetensi sosial melibatkan sikap inklusif, objektif, empatik, dan kemampuan komunikasi yang efektif. Kompetensi profesional mencakup pemahaman ilmu pengetahuan, kreativitas dalam materi pembelajaran, dan upaya terus-menerus meningkatkan profesionalisme. Dengan fokus pada kompetensi ini, program ini berupaya menciptakan guru PIAUD  yang berkualitas dan berperan dalam pengembangan pendidikan Islam di tingkat dasar.

Visi: "Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan."

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan pendekatan research-based learning, problem-based learning, dan contextual teaching & learning untuk menjamin kualitas pendidikan.
  2. Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi yang relevan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Membangun komitmen dan budaya akademik di antara seluruh anggota civitas akademika.
  4. Mengembangkan pengabdian, kerjasama, dan kemitraan dengan berbagai lembaga, termasuk pemerintah, satuan pendidikan, serta lembaga nasional dan internasional.
  5. Melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Kompetensi Program Studi:

  1. Memahami teori dan praktik keguruan yang khusus untuk Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Mengembangkan sikap dan keterampilan keguruan yang diperlukan untuk meningkatkan proses pendidikan anak usia dini.
  3. Menghargai dan menciptakan karya ilmiah dalam bidang keguruan Pendidikan Anak Usia Dini yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan dalam merancang dan mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.

 

 

Q
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
No
NIDN/NIDK
Nama Dosen
NIP
1
0707027602
Dr. Fidrayani, M.Pd.
19760207 201503 2 001
2
2014037802
Prof. Dr. Maila Dinia Husni Rahiem, M.A.
19780314 200604 2 002
3
2024058003
Dewi Salistina, M.A.
19800524 201403 2 001
4
2024058702
Miratul Hayati, M.Pd.
19870524 201801 2 001
5
2021088703
Ratna Faeruz,  M. Pd
19870821 201903 2 015
7
2117079001
Lathipah Hasanah,M.Pd
19900717 202012 2 014
9
2021069102
Yubaedi Siron, M.Pd.
19910621 201801 1 002
10
0416127601
Desmaliza, M.Si., M.Ed.
Dosen Tetap BLU
11
2015068803
Sisca Nurul Fadila, M.Pd.
Dosen Tetap BLU

 

 

  • AUN-QA 2022

Laboratorium

Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.

Perpustakaan

Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.