S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini bertujuan mencetak lulusan yang unggul di bidang keguruan Anak Usia Dini. Mereka diharapkan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi pedagogik mencakup pemahaman tentang karakter peserta didik, teori belajar, pengembangan kurikulum, penggunaan teknologi informasi, evaluasi pembelajaran, dan refleksi. Kompetensi kepribadian menekankan etos kerja yang produktif dan kode etik guru. Kompetensi sosial melibatkan sikap inklusif, objektif, empatik, dan kemampuan komunikasi yang efektif. Kompetensi profesional mencakup pemahaman ilmu pengetahuan, kreativitas dalam materi pembelajaran, dan upaya terus-menerus meningkatkan profesionalisme. Dengan fokus pada kompetensi ini, program ini berupaya menciptakan guru PIAUD yang berkualitas dan berperan dalam pengembangan pendidikan Islam di tingkat dasar.
Visi: "Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan."
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan pendekatan research-based learning, problem-based learning, dan contextual teaching & learning untuk menjamin kualitas pendidikan.
- Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi yang relevan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan anak usia dini.
- Membangun komitmen dan budaya akademik di antara seluruh anggota civitas akademika.
- Mengembangkan pengabdian, kerjasama, dan kemitraan dengan berbagai lembaga, termasuk pemerintah, satuan pendidikan, serta lembaga nasional dan internasional.
- Melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholders).
Kompetensi Program Studi:
- Memahami teori dan praktik keguruan yang khusus untuk Pendidikan Anak Usia Dini.
- Mengembangkan sikap dan keterampilan keguruan yang diperlukan untuk meningkatkan proses pendidikan anak usia dini.
- Menghargai dan menciptakan karya ilmiah dalam bidang keguruan Pendidikan Anak Usia Dini yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.
- Memiliki kemampuan dalam merancang dan mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.
Q
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
|
||
No
|
NIDN/NIDK
|
Nama Dosen
|
NIP
|
1
|
0707027602
|
Dr. Fidrayani, M.Pd.
|
19760207 201503 2 001
|
2
|
2014037802
|
Prof. Dr. Maila Dinia Husni Rahiem, M.A.
|
19780314 200604 2 002
|
3
|
2024058003
|
Dewi Salistina, M.A.
|
19800524 201403 2 001
|
4
|
2024058702
|
Miratul Hayati, M.Pd.
|
19870524 201801 2 001
|
5
|
2021088703
|
Ratna Faeruz, M. Pd
|
19870821 201903 2 015
|
7
|
2117079001
|
Lathipah Hasanah,M.Pd
|
19900717 202012 2 014
|
9
|
2021069102
|
Yubaedi Siron, M.Pd.
|
19910621 201801 1 002
|
10
|
0416127601
|
Desmaliza, M.Si., M.Ed.
|
Dosen Tetap BLU
|
11
|
2015068803
|
Sisca Nurul Fadila, M.Pd.
|
Dosen Tetap BLU
|
Laboratorium
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.
Perpustakaan
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.