S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional di bidang keguruan MI/SD, diperlukan penguasaan beberapa kompetensi kunci. Pertama, kompetensi pedagogik adalah hal yang penting, di mana lulusan harus mampu memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, merancang kurikulum, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, serta melakukan tindakan reflektif untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran MI/SD. Selain itu, kompetensi kepribadian juga sangat ditekankan, yang mencakup etos kerja yang produktif dan penghormatan terhadap kode etik profesi guru MI/SD. Aspek sosial juga diperlukan, dengan sikap inklusif, objektif, empatik, dan kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam menjalankan tugas-tugas keguruan di MI/SD. Terakhir, kompetensi profesional menjadi bagian integral dalam proses ini, yang melibatkan penguasaan keilmuan, pengembangan materi pembelajaran secara kreatif dan inovatif, serta peningkatan profesionalisme dalam bidang pengajaran di jenjang MI/SD.
Visi: "Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul,kompetitif, dan professional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang MI/SD dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan"
Misi:
- Memajukan pendidikan dan pengajaran dengan pendekatan berbasis penelitian, pembelajaran berdasarkan permasalahan, dan pembelajaran berkonteks untuk menjamin kualitas pendidikan.
- Melakukan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan.
- Fostering komitmen dan budaya akademik di kalangan seluruh komunitas akademik.
- Membangun kemitraan dan jaringan dengan berbagai lembaga pemerintah, unit pendidikan, serta institusi lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.
- Terus-menerus mengevaluasi penyelenggaraan program studi untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan.
Kompetensi Program Studi:
- Memiliki pemahaman mendalam tentang teori pendidikan di tingkat MI/SD.
- Memiliki sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan proses belajar-mengajar di tingkat MI/SD.
- Menghargai dan menciptakan karya dalam bidang pendidikan MI/SD yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.
- Menguasai keterampilan dalam merancang pembelajaran di tingkat MI/SD
P
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
|
||
No
|
NIDN/NIDK
|
Nama Dosen
|
NIP
|
1
|
2015056501
|
Dr. Khalimi, M.Ag.
|
19650515 199403 1 006
|
2
|
2026126502
|
Dr. Zaenul Slam M.Pd.
|
19651226 198803 1 003
|
3
|
2006026901
|
Dra. Zikri Neni Iska, M.Si.
|
19690206 199503 2 001
|
4
|
2007117601
|
Prof. Dr. Fauzan, M.A.
|
19761107 200701 1 013
|
5
|
2021117701
|
Dr. Dindin Ridwanudin, M.Pd.
|
19771121 201101 1 001
|
6
|
2013027703
|
Dr. Siti Masyitoh, M.Pd.
|
19770213 201503 2 001
|
7
|
2023068101
|
Dr. Asep Ediana Latip, M.Pd.
|
19810623 200912 1 003
|
8
|
2003108103
|
Nafia Wafiqni, M.Pd.
|
19811003 200912 2 004
|
9
|
0017118202
|
Novi Yanthi, S.Si., M.Pd.
|
19821117 200604 2 001
|
10
|
2006128302
|
Dr. Takiddin, M.Pd.
|
19831206 201101 1 005
|
11
|
2016048401
|
Dr. Lu’luil Maknun, M.Pd.
|
19840416 201503 2 004
|
12
|
2106068801
|
Anis Fuadah Z., M.Pd.I.
|
19880606 201503 2 006
|
13
|
0413098901
|
Rohmat Widiyanto, M.Pd.
|
19890913 201801 1 002
|
14
|
2009069401
|
Tri Suryaningsih, M.Pd.
|
19940609 201801 2 002
|
15
|
2001049402
|
Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas, M.Pd.
|
19940401 202012 2 019
|
16
|
2106108703
|
Fatkhul Arifin, M.Pd.
|
Dosen Tetap BLU
|
Laboratorium
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.
Perpustakaan
Selain pendidikan dan pengajaran keilmuan Islam, FITK menawarkan pendidikan dan pengajaran keilmuan umum dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam.