[Day 3] goIT Digital Innovation; Melatih Prototyping dengan UI/UX Wireframe and Storyboad
[Day 3] goIT Digital Innovation; Melatih Prototyping dengan UI/UX Wireframe and Storyboad

Berita FITK, 25 Oktober 2023

Hari ketiga Program goIT Digital Innovation pada Rabu, 25 Oktober 2023 bertempat di R. Teather Lt. 2 gedung Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah memasuki tahapan baru yaitu prototyping. Peserta dibimbing secara langsung oleh Mr Soumyadip Mitra, salah satu TCS Fasilitator yang berasal dari India ditemani dengan Fariz Arizky Zhafiri dan Hafiz Salih, TCS Fasilitator dari Indonesia. Ketiganya memberikan materi orientasi berupa pengenalan UI/UX dan bagaimana UI/UX ini sangat berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu design thinking.

Kegiatan diawali dengan penjelasan modul ke 4 tentang UI/UX, Wireframing dan Storyboad oleh Mr Soumyadip, dimana peserta diajak untuk berpikir bagaimana UI/UX bekerja sebagai bagian lanjutan dari design thinking. Pada tahapan ini Mr Soumyadip juga mengajak peserta untuk melihat dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang pengguna gadget, aplikasi seperti apa yang seringkali peserta gunakan, dan mengapa UI/UX berpengaruh dalam pandangan subyektif masing-masing orang sebagai pengguna aplikasi. Mr Soumyadip juga menyampaikan bahwa UI/UX dapat diartikan sebagai jalan yang membantu user atau pengguna aplikasi mencapai tujuan yang diinginkan dengan lebih efektif, cepat, dan efesien.

Beralih pada tahapan wireframing, masing-masing kelompok kemudian dibebaskan untuk membuat rancangan wireframing dari aplikasi yang telah direncanakan pada pertemuan hari sebelumnya yang berhubungan dengan penyelesain masalah dari 17 topik SDGs (Sustainable Development Goals). Pada tahapan ini masing-masing peserta secara visualisasi menggambarkan bagaimana tampilan app yang nantinya akan di jalankan oleh pengguna dari fitur paling dasar yaitu login hingga memasuki fitur-fitur utama dari app yang dirancang. Fasilitator juga membebaskan setiap kelompok untuk menggunakan aplikasi pendukung apapun untuk membuat wireframing sesuai dengan bayangan visualisasi yang diinginkan, hal ini memberi kesempatan bagi peserta untuk mengeksplor segala kecanggihan teknologi yang sudah tersedia dalam membuat wireframing.

Kemudian memasuki tahap storyboad, peserta diperkenalkan pada bentuk sketsa aplikasi yang jauh lebih berwarna dan menarik. Pada tahap storyboad peserta harus mampu menyajikan sketsa app yang berupa tahapan setiap tombol yang diklik dan layar apa yang akan muncul setelahnya, semua bentuk alur storyboad ini diceritakan dalam bentuk gambar. Setelah itu, memasuki tahap paling krusial yaitu prototyping dimana pembuatan prototype adalah bentuk jadi dari aplikasi menggunakan sistem coding. Pada tahapan ini peserta dibimbing ke dalam web MTInventor sebagai demo coding. Setelah itu, peserta dibimbing cara membuat suatu aplikasi berbasis coding dari tahapan awal, pengeditan lokasi tabel, background dan hal-hal lain yang berhubungan dengan jalannya aplikasi.

Sebagai penutup dari agenda program goIT hari ketiga, masing-masing kelompok mendapat tugas untuk melengkapi kembali rancangan app-nya mulai dari tahapan design thinking hingga prototyping yang nantinya di hari keempat akan dipresentasikan dan ditampilkan (QND).

Tag :