Visiting Lecture Sekolah Pascasarjana Universitas Halu Oleo
Visiting Lecture Sekolah Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Visiting Lecture Sekolah Pascasarjana Universitas Halu Oleo

PAUD 1

FITK - NEWS, RABU, 6 DESEMBER 2023 - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar kegiatan “Visiting Lecture” atau Kuliah Kunjungan dengan menghadirkan dosen tamu Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd. Unit Kerja Sekolah Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo

Kuliah Kunjungan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ini digelar di Ruang Kelas 604 Kampus PPG UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Raya Parung-Ciputat, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Rabu (06/12/2023).

PAUD 2Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yakni, Dewi Salistina, M.A dan Dr. Siti Khadijah,M.A selaku Dosen Pengampu pada mata Kuliah Pengembangan PAI pada AUD. Dalam perkuliahannya, Dr. Hj. Darnawati, SPd.,M.Pd  membawakan tema “Pengembangan Metode dan Media Pembelajaran AUD”.

Dalam paparannya, Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd menjelaskan beberapa poin terkait bagaimana kiat mengembangkan metode dan media pembelajaran AUD. Dalam sesi pertemuan beliau berbagi pengetahuan tenang teknologi terbaru pembelajaran yang membawa pengalaman yang sangat luas. 

Mengawali presentasinya Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd mengungkapkan, bahwa senang bisa menghadiri visiting lecturer ini sekaligus bertemu dengan teman lamanya yakni Dr. Siti Khadijah M.A.

PAUD 3

Kemudian  Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd mengingatkan tentang  analisis kebutuhan (need assessment) untuk anak usia dini. Lebih lanjut, Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd menjelaskan mengenai prinsip Kurikulum Merdeka pada PAUD yaitu bersifat Holistik dengan  memperhatkikan perhatian segi makanan gizi, pembelajaran yang Fleksibel dan inklusi. 

Ia juga menjelaskan tentang metode pembelajaran untuk Anak Usia Dini yakni menerapkan metode berbasis proyek,   pembelajaran berbasis tanya jawab, pembelajaran berbasis lingkungan, seni, kearifan lokal, pembelajaran melalui cerita pembelaharan berbasis STEM, pembelajaran blended learning dan metode  pembelajaran berbasis mandiri

 

Usai pemaparan materi perkuliahan, tampak sejumlah mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini begitu antusias mengajukan berbagai pertanyaan kritis dan dijawab dengan lugas oleh Dr. Hj. Darnawati, S.Pd.,M.Pd